Pemerintahan

Zakat Fitrah di Tabalong Ditetapkan Sebesar Rp. 40.000 per Jiwa

 

Besarannya nilai zakat fitrah tahun 1445 Hijriyah atau 2024 Masehi di Kabupaten Tabalong resmi ditetapkan. Besaran nilai zakat fitrah tersebut berkisar mulai 40 ribu rupiah hingga 65 ribu rupiah per jiwa.

Besaran zakat fitrah tahun 2024 di Tabalong ditetapkan melalui rapat musyawarah yang digelar Kantor Kementerian Agama Tabalong bersama MUI, Baznas, NU, Muhammadiyah, dan Diskop UKM Perindag belum lama tadi.

Adapun besaran zakat fitrah yang dinilai dengan uang di antaranya beras C herang, impari, id, dan Bulog sejenisnya sebesar 40 ribu rupiah per jiwa, siam pandak, karang duku, lantik, lungkong, rono lele, mayor, paus, pandan, wangi kardil, dan sejenisnya sebesar 55 ribu rupiah per jiwa, unus dan sejenisnya sebesar 65 ribu rupiah per jiwa.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tabalong, Sahidul Bakhri, yang ditemui di ruangannya, menuturkan adanya hasil penetapan ini dapat menjadi acuan bagi masyarakat agar lebih mudah dalam menunaikan zakat fitrah.

“Sehingga penentuan zakat fitrah ini kita bermusyawarah bersama sehingga muncullah keputusan akhir yang sudah kita tentukan sesuai dengan edaran yang sudah kita sampaikan kepada masyarakat. Nah, intinya kami ingin masyarakat bisa mempedomani ini karena ada di antara masyarakat kita yang masih bingung kalau kita dengan berzakat fitrah uang pendapat mana yang akan kita pakai, maka disitu ada rujukan yang kita pakai,” ujar Sahidul Bakhri, Kepala Kemenag Tabalong.

Sahidul meminta agar panitia penerima zakat fitrah di masjid atau mushalla segera mengusulkan nama-nama kepanitiaan kepada pimpinan Baznas atau Kepala KUA Kecamatan setempat untuk ditetapkan sebagai pengurus UPZ di tempatnya masing-masing. (Dano Nafarin, TV Tabalong)

 

Media Center Tabalong merupakan media daring yang menjadi jembatan penghubung informasi dan komunikasi antara pemerintah dengan masyarakat, pemerintah dengan perangkat kerjanya dan informasi antar masyarakat.

Statistik Kunjungan

327449
Users Today : 239
Users Yesterday : 659
This Month : 14806
Total Users : 327449
Views Today : 1265
Total views : 2143245
Who's Online : 10

Copyright © 2020 Media Center Tabalong | Designed by HS

Ke Atas
https://mc.tabalongkab.go.id/