Sosial & Budaya

Gempita Target Pengembangan Tanaman Jagung

Gerakan Pemuda Tani Indonesia (Gempita) Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan menargetkan pengembangan tanaman jagung seluas 2.000 hektare yang dilaksanakan di empat desa.

Penanaman perdana pengembangan tanaman jagung oleh Gempita sendiri dilaksanakan di Desa Kasiau Kecamatan Murung Pudak seluas 200 hektare jelas perwakilan Gempita Kabupaten Tabalong Akhmad Yani di Tanjung, Selasa.

“Selain Desa Kasiau pengembangan tanaman jagung akan dilaksanakan di Desa Binjai, Desa Sialing Kecamatan Muara Uya dan Desa Wirang Kecamatan Haruai,” jelas Akhmad.

Tahun sebelumnya Dinas Pertanian setempat juga menggandeng Gempita untuk program pengembangan tanaman jagung seluas 879 hektare.

Kepala Seksi Palawija Dinas Pertanian Kabupaten Tabalong Kurdiansyah menyampaikan tahun ini program pengembangan tanaman.jagung lebih banyak dibanding tahun sebelumnya.

“Sebagai pelaksana kegiatan petani yang tergabung di Gempita mendapat bantuan benih dan pupuk ,” jelas Kurdiansyah.

Bantuan benih dari Kementerian Pertanian sebanyak 15 kilogram per hektare

Sebelumnya bantuan ini diberikan kepada kelompok tani di Desa Kasiau, Desa Nawin, Desa Binjai dan Kelurahan Mabuun dengan total lahan pengembangan jagung seluas 870 hektare.

Termasuk 200 hektare di lokasi tanaman karet dengan menerapkan sistem tumpang sari masing-masing Desa Bongkang, Desa Kembang Kuning, Desa Marindi dan Desa Pangelak Kecamatan Upau. (ANT)

Media Center Tabalong merupakan media daring yang menjadi jembatan penghubung informasi dan komunikasi antara pemerintah dengan masyarakat, pemerintah dengan perangkat kerjanya dan informasi antar masyarakat.

Statistik Kunjungan

326508
Users Today : 750
Users Yesterday : 559
This Month : 13865
Total Users : 326508
Views Today : 3114
Total views : 2138729
Who's Online : 4

Copyright © 2020 Media Center Tabalong | Designed by HS

Ke Atas
https://mc.tabalongkab.go.id/