Pemerintahan

Ketua Umum KADIN Sebut Kalsel Berpotensi Jadi Lumbung Pann gaIKN

Tabalong, Ketua Umum KADIN, Muhammad Arsjad Rasjid, menilai Kalimantan Selatan berpeluang besar menjadi lumbung pangan untuk ibukota Nusantara, hal ini menyusul surplusnya produksi beras provinsi Penyangga IKN ini.

Hal tersebut disampaikan Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN), Muhammad Arsjad Rasjid saat menjadi narasumber dalam acara diskusi Muktamar Pertama Rabithah Melayu Banjar dengan tema investasi dan program strategis nasional pada Kamis malam, 16 Maret 2023, di Gedung Sarabakawa Tanjung.

Menurutnya potensi Kalimantan Selatan untuk menjadi lumbung padi ibukota negara baru akan terbuka lebar, pasalnya potensi ketersediaan beras di Kalsel telah mencapai 1,2 juta ton pertahun dengan kebutuhan hanya sekitar 400 ton pertahun, hal ini pun menurutnya berbanding terbalik dengan ketersediaan beras di wilayah Kalimantan Timur yang saat ini masih defisit.

“Karena produksi beras di Kalsel pada tahun ini diperkirakan 1,2 juta ton padahal kebutuhan beras warga Kalsel pertahun hanya kurang lebih 400 ribu ton, di tahun 2022 yang lalu bahkan Kalsel itu surplus 42 ribu ton beras ini adalah peluang bagi Kalimantan Selatan untuk bisa memasok pangan di IKN,” ujar Muhammad Arsjad Rasjid, Ketua Umum KADIN Indonesia.

Muhammad Arsjad Rasjid juga mengajak seluruh pihak untuk mendukung pemindahan IKN ke Penajam Paser Utara Kalimantan Timur, pasalnya, pemindahan IKN akan berdampak pada peningkatan perekonomian Kalimantan dan sebagai upaya pemerataan pembangunan.

Sekedar diketahui, dalam diskusi Muktamar Pertama Rabithah Melayu Banjar ini turut dihadiri Kepala Badan Otorita Ibukota Nusantara Bambang Susanto, Bupati Tabalong Anang Syakhfiani sejumlah unsur Forkopimda, tokoh masyarakat serta tokoh agama dari berbagai daerah.  (MC Tabalong/Dano Nafarin)

Klik Untuk Berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Media Center Tabalong merupakan media daring yang menjadi jembatan penghubung informasi dan komunikasi antara pemerintah dengan masyarakat, pemerintah dengan perangkat kerjanya dan informasi antar masyarakat.

Statistik Kunjungan

144139
Users Today : 75
Users Yesterday : 227
This Month : 75
Total Users : 144139
Views Today : 2953
Total views : 1171147
Who's Online : 9

Copyright © 2020 Media Center Tabalong | Designed by HS

Ke Atas