Khas Daerah

Deretan Wisata Yang Wajib Dikunjungi Di Tabalong

Wilayah Utara Tabalong, didominasi oleh wisata alam. Rekomendasi pertama yang dapat anda kunjungi untuk menghabiskan libur lebaran adalah Wisata Goa Liang Tapah.

GOA LIANG TAPAH & MATA AIR

Disini kalian dapat menjelajah goa yang didalamnya terdapat telaga biru yang mempesona. Di bagian liang telaga juga tersedia kolam untuk mandi dan berenang bagi pengunjung. Dengan kesegaran sumber air dari goa, saya yakin kalian pasti akan ketagihan.

Untuk masuk ke lokasi ini kalian hanya perlu membayar parkir 5 ribu rupiah. Harga yang sangat terjangkau bukan?

AIR TERJUN LANO DENGAN LANDSCAPE HUTAN TROPIS

Masih di Kecamatan Jaro, objek wisata alam yg tak kalah menarik lainnya adalah Air Terjun Lano. Disini kalian bisa menyusuri aliran sungai, dengan pemandangan alam yang masih terjaga, berupa hutan tropis, sambil diiringi deru suara burung hingga serangga. Diujung perjalanan, kalian akan menemui air terjun yang indah dan menyegarkan. Tempat ini sangat cocok untuk kalian yang suka berpetualang, atau bagi orang tua yang ingin mengenalkan alam pada anak-anak. Anda juga tidak eprlu khawatir akan biaya masuk, karena hanya dengan 5 ribu rupiah kalian sudah bisa merasakan nikmatnya menjelajah alam.

RIAM BIDADARI TEMPAT SANTAI UNTUK PIKNIK

Bergeser ke Kecamatan Muara Uya, tepatnya di desa lumbang, terdapat destinasi wisata baru yang lagi hype in, yaitu Riam Bidadari. Lokasi ini dilintasi sungai jernih dengan bebatuan besar, serta hamparan padang rumput yg luas disekelilingnya. Ditambah latar belakang pengunungan, yang pasti bisa membuat foto kalian instagramable banget. Lokasi wisata ini paling cocok jadi tempat piknik atau kemping bersama teman dan keluarga.

RIAM MAMBANIN DENGAN KOLAM ALAMI

Nah bagi kalian yang suka wisata alam, namun tidak terlalu ramai, riam mambanin bisa menjadi pilihan tepat. Objek wisata yang berlokasi di desa marindi kecamatan haruai ini belum terlalu banyak dikunjungi wisatawan. Namun jangan salah, objek wisata ini menawarkan tempat yang tak kalah menarik dari lainnya. Berlatarkan panorama alam yang masih asri, riam mambanin menawarkan air terjun dengan kolam alami dibawahnya. Jika kalian merasakan mandi di kolam ini, dijamin betah dan tak ingin buru-

buru pulang. Airnya segar, alamnya indah, ditambah syahdu kicauan burung.

PANORAMA RIAM KINARUM

Bergeser ke Kecamatan Upau,terdapat Riam Kinarum di Desa Kinarum. Tempat wisata yang satu ini jangan diragukan lagi, karena dari dulu wisata ini sudah dikenal banyak orang. Memasuki area wisata kinarum kalian akan disambut dengan bendungan. Mauk ke area sungai, terdapat riam dengan bebatuan besar yang indah. Di lokasi ini kalian dapat menikmati riam dengan suasana alam yang asri. Jangan ketinggalan untuk mandi dan bermain air di riam ini. Pasalnya air di sungai ini sangaat menyegarkan yang bersumber dari pegunungan.

TAMAN MENANTI LABURAN DENGAN  BERBAGAI WAHANA PERMAINAN

Puas bermain di Wilayah Utara, sekarang kita bergeser ke Wilayah Tengah Tabalong, salah satu tempat yang kami rekomendasikan adalah Taman Wisata Laburan di Desa Padang Panjang Kecamatan Tanta. Taman wisata olahan ini menyajikan berbagai fasilitas permainan menarik, yang bisa menguji adrenalin kamu. Seperti sepeda gantung dan jembatan tali. Nah untuk yang ingin santai kalian juga bisa menikmati wahana sepeda air serta taman bunga. Selain itu disini juga tersedia kolam renang. Hingga rumah hobbit yang pasti kece untuk jadi spot berswafoto. Nah biaya yang dikeluarkan juga tidak terlalu besar untuk setiap wahana permainan, mulai dari 10 ribu hingga 25 ribu rupiah.

Untuk kalian yang menjelajah di Wilayah Selatan Tabalong, kami memiliki dua rekomendasi wisata yang menarik dikunjungi. Yaitu Taman Poska dan Taman Sapana. Lokasi kedua wisata ini berdekatan, terletak di Desa Pematang Kecamatan Banua Lawas.

TAMAN SAPANA TEMPAT WISATA REKREATIF & EDUKATIF

Di Taman Sapana, kalian akan puas menikmati berbagai hal. Mulai dari taman burung, dimana pengunjung dapat memberi makan dan berinteraksi langsung dengan ratusan burung merpati.  Selain itu juga ada taman kelinci. Nah disini juga banyak terdapat permainan anak-anak seperti kereta api hingga helikopter, juga ada area khusus bermain anak loh. Yang tak kalah menarik disini juga tersedia tempat terapi ikan bagi pengunjung.

TAMAN BUNGA POSKA BAGI PECINTA SWAFOTO

Sedangkan Taman Bunga Poska lebih direkomendasikan bagi kalian yang suka berswafoto. Pasalnya taman poska menawarkan berabgai

objek foto yang menarik, mulai dari taman bungan hingga fasilitas yang lengkap. Seperti gazebo, tempat terapi, hingga mushola.

MASJID PUSAKA JADI BUKTI SEJARAH PENYEBATAN ISLAM

Di Wilayah Selatan ini juga terdapat dua tempat wisata religi yang dapat kalian kunjungi untuk meningkatkan keimanan. Pertama ada Masjid Pusaka Banua Lawas yang terletak di Desa Pasar Arba Kecamatan Banua Lawas. Masjid ini merupakan Masjid tertua di Tabalong yang menjadi saksi sejarah penyebaran islam, di kalangan suku dayak maanyan.

MAKAM SANG TOKOH ULAMA BESAR

Selain itu juga ada makan Syekh Muhammad Nafis. Makam ini terletak di Desa Binturu Kecamatan Kelua. Syeikh Muhammad Nafis sendiri merupakan ahli filsuf yang menuliskan buku Ad Durun Nafis. Dimana bukunya dipelajari umat muslim tidak hanya di indonesia, namun hingga ke Negeri Malaysia dan Brunei Darusalam.

Nah Itu Tadi Beberapa Rekomendasi Tempat Wisata Yang Bisa Kalian Kunjungi Untuk Menghabiskan Masa Liburan. (Maria Ulfah).

Klik Untuk Berkomentar

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

Media Center Tabalong merupakan media daring yang menjadi jembatan penghubung informasi dan komunikasi antara pemerintah dengan masyarakat, pemerintah dengan perangkat kerjanya dan informasi antar masyarakat.

Statistik Kunjungan

037574
Users Today : 409
Users Yesterday : 586
This Month : 7700
Total Users : 37574
Views Today : 2804
Total views : 287153
Who's Online : 10

Copyright © 2020 Media Center Tabalong | Designed by HS

Ke Atas