RAGAM TABALONG

Taman “Gajah” Murung Pudak Tak Kehilangan Daya Tarik

Taman 10K yang didirikan oleh PT Pertamina Tanjung Field sejak tahun 1980-an, dulunya sempat menjadi satu-satunya primadona tujuan rekreasi masyarakat tabalong, saat musim liburan tiba. Taman yang berlokasi di jalan Belimbing, komplek pertamina, kecamatan murung pudak ini, nampaknya tak kehilangan daya tarik pengunjung. Terpantau sehari sesudah hari raya idul fitri 1443 hijriah, selasa 3 mei 2022, taman ini masih ramai dikunjungi.

Salah satunya imasrohimah, warga desa seradang, kecamatan haruai. Imas menceritakan, berekreasi ke Taman 10K menjadi rutinitas keluarganya selama 22 tahun. Bahkan taman ini juga menjadi titik kumpul silaturahmi keluarga besarnya, saat libur lebaran. Ia pun mengaku, merindukan masa-masa dapat berkumpul dan berekreasi bersama keluarga seperti ini, pasalnya dalam dua tahun terakhir tidak dapat dilakukan.

“Ini rasanya baru…seperti baru kembali lagi kami hiburan yang 2 tahun kemarin kami tidak pernah keluar, terus sekarang keluar rasanya kayak seperti apa…seperti kerinduan yang memang terpendam seperti itu. Kerinduan ketemu…soalnya kami gini biasanya kami ketemu keluarga-keluarga yang lain disini, dari bongkang, dari simpung, dari kembang kuning, dari mana-mana kami, dari kambitin, ketemunya kami disini, kumpulnya kami disini.” Kata Imasrohimah, Warga Desa Seradang.

Selain warga asli Tabalong, Taman 10K juga menarik wisatawan luar daerah, yakni Arbain, warga Desa Binjai Punggal, Kecamatan Halong, Kabupaten Balangan. Ia mengatakan, meski jarang mengunjungi taman 10K karena keterbatasan jarak, namun setiap kali bersilaturahmi dengan keluarga di Tanjung, taman ini jadi tujuan rekreasi keluarga.

“Kalo kesini mun kayaknya kada rancak pang leh disini, cuma lebih kalo liburan leh ada waktu senggang mehibur-hibur keluarga ya kesini pang, ke taman pertamina sini. (Pian kan dari Balangan, kesini nih dasar kesini kah atau bulik kampung kah atau kayapa?) Kalo bulik kampung kadada, disini dasar libur ja mehibur keluarga, sama ada menjenguk keluarga lah, silaturahmi.” Kata Arbain, Warga Kabupaten Balangan.

Kedua pengunjung ini sependapat, memilih taman sepuluh-k sebagai destinasi rekreasi karena tempatnya yang nyaman, teduh, dan sejuk, serta ramah bagi anak-anak. Mereka pun berharap, perawatan fasilitas dan kebersihan taman lebih diperhatikan lagi, serta aneka jajanan kuliner dapat ditambah. (Alfi Syahrin).

Klik Untuk Berkomentar

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

Media Center Tabalong merupakan media daring yang menjadi jembatan penghubung informasi dan komunikasi antara pemerintah dengan masyarakat, pemerintah dengan perangkat kerjanya dan informasi antar masyarakat.

Statistik Kunjungan

037571
Users Today : 406
Users Yesterday : 586
This Month : 7697
Total Users : 37571
Views Today : 2780
Total views : 287129
Who's Online : 5

Copyright © 2020 Media Center Tabalong | Designed by HS

Ke Atas