TABALONG HARI INI

DPMPD Tabalong Minta Kades Kawal Pengembangan BUMDES

Tabalong – Penilaian lomba bumdes terus berlanjut ke setiap desa yang terpilih untuk  mewakili  kecamatannya masing-masing. Di Kecamatan Tanjung, tim penilai mendatangi Bumdes Sejahtera Sejati yang berada di Desa Kambitin Raya.

Penilaian dilakukan dengan sejumlah pertanyaan kepada ketua bumdes maupun para anggota Bumdes, dan juga Sekretaris Desa. Pertanyaan yang diberikan pun  seputar pemberkasan administrasi, manajemen pengelolaan, pendaparan pertahun, dan pertanyaan lainnya terkait perkembangan usaha yang di kelola oleh Bumdes.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Erwan Mardhani mengatakan, setiap Bumdes memiliki potensi usaha untuk dikembangkan. Ia mengimbau kepada kepala desa untuk memberikan penyertaan modal dalam pengembangan usaha, serta mengawal agar usaha yang dikembangkan dapat berjalan dengan baik. Sehingga Bumdes dapat memiliki keuntungan dan dapat menyumbangkan pendapatan bagi desa.

“Kami melihat 12 desa yang masuk nominasi ya hasil dari pada lomba bumdes di tingkat kecamatan ini punya kekuatan masing-masing ada potensi masing-masing Nah tentu ini menjadi suatu perhatian bagi kepala desa ya agar itu benar-benar diprioritaskan dalam apbdes nya ya tentu ada modal awal yang diberikan kepada bumdes tapi pastikan modal awal ini harus berkembang menjadi sebuah keuntungan”  Kata Erwan Mardhani, Kepala DPMD Tabalong.

Setelah diberi penilaian, Kepala Desa Kambitin Raya, Heri Nugroho mengidentifikasi beberapa kekurangan mereka. Karena hal tersebut ia pun bertekad untuk terus meperbaiki administrasi serta mengembangkan usaha yang mereka miliki.

“Mengenai tanggapan tim penilai tadi kami memang menyadari bumdes Kami memang lemah di sistem administrasi dan untuk selanjutnya ini merupakan suatu penilaian dan akan kami tingkatkan nanti ke yang lebih baik lagi dan untuk potensi-potensi kita untuk bumdes Sejahtera sejati kambitin raya ini sangat menjanjikan” Kata Heri Nugroho, Kepala Desa Kambitin Raya.

Penilaian lomba Bumdes pun akan terus dilanjutkan ke seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Tabalong, hingga 27 Januari 2022 mendatang. (Maria Ulfah).

Media Center Tabalong merupakan media daring yang menjadi jembatan penghubung informasi dan komunikasi antara pemerintah dengan masyarakat, pemerintah dengan perangkat kerjanya dan informasi antar masyarakat.

Statistik Kunjungan

037564
Users Today : 399
Users Yesterday : 586
This Month : 7690
Total Users : 37564
Views Today : 2575
Total views : 286924
Who's Online : 4

Copyright © 2020 Media Center Tabalong | Designed by HS

Ke Atas