TABALONG HARI INI

Tingkatkan Keakuratan Data, BPPRD Tabalong Jemput Bola Ke Binjai

TABALONG – Badan pengelola pajak dan retribusi daerah Kabupaten Tabalong melalui bidang PBB dan BPHTB  melakukan perbaikan data dengan sistem jemput bola di desa binjai Kecamatan Muara Uya, pada 11 September 2021. Desa binjai merupakan desa yang pertama kali mengajukan  layanan jemput bola di Kecamatan ini.

Kepala Desa Binjai, Bungkarman, mengaku banyak menerima keluhan masyarakat terkait data PBB yang tidak akurat dan tagihan pajak yang melambung tinggi. Sehingga ia berinisiatif untuk mengajukan permohonan pelayanan jemput bola dari BPPRD.

“Jadi kami hari ini bekerjasama dengan pbb pajak bumi dan bangunan daerah kabupaten tabalong untuk memfasilitasi dari akses pemungutan pbb di desa binjai ini. Karena data data tersebut banyak yang tidak valid, jadi data yang mati kami perbaiki siapa yang mengikuti untuk saat ini dan juga ada pembayaran atau pemungutan dari kolektor itu melebihi daripada 1 jt, jadi kami memvalidkan data tersebut, menstabilkan pemungutan pajak bumi dan bangunan di desa binjai ini.” Kata Bungkarman, Kepala Desa Binjai.

Kepala bidang Pbb-P2 dan BPHTB BPPRD Tabalong, alipansyah mengatakan, kegiatan jemput bola merupakan kegiatan rutin, dengan tujuan mepermudah dan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat yang ada di desa-desa. Layanan ini juga untuk meningkatkan keakuratan data maupun pendaftaran kepemilikin pajak bumi dan bangunan.

“ hari ini adalah sebenarnya  kegiatan rutin kami, kami menyebutnya sebagai kegiatan road show ke desa-desa, intinya adalah mendekatkan layanan pbb p2 kepada masyarakat, jadi pelayanan itu bisa pelayanan, bisa pendaftaran objek bayar pajak baru, atau mutasi perbaikan data,perbaikan data dan subjek pajak dan sebagainya dan perbaikan perbaikan data lainnya, jadi pada intinya itu kami melakukan pendekatan pelayanan kepada masyarakat jadi kami jemput bola kepada wajib pajak yang ada di desa-desa.” Kata Alipansyah, Kepala Bidang PBB-P2 & BPHTB BPPRD Tabalong.

Alipansyah menambahkan, dengan  adanya layanan jemput bola, akan ada wajib pajak baru yang mendaftarkan pajak bumi dan bangunan yang mereka miliki, sehingga pendapatan asli daerah yang ada di Tabalong juga dapat meningkat. (Maria Ulfah).

Ke Atas