TABALONG HARI INI

PPKM Dilonggarkan, Disdik Tabalong Siapkan Sejumlah Event Budaya

TABALONG – Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan Tabalong kembali merencanakan kegiatan yang sempat tertunda akibat adanya pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat atau PPKM di level 3 di Tabalong. Pasalnya meski diperpanjang, aturan kegiatan di PPKM level tiga kali ini mulai dilonggarkan, termasuk untuk kegiatan seni dan budaya.

Pelonggaran aturan ini memberikan ruang positif untuk perkembangan seni dan budaya, meski dengan beberapa ketentuan. Seperti, 50% dari kapasitas tempat, mewajibkan peserta untuk menggunakan aplikasi peduli lindungi atau terdaftar sudah menerima vaksin, dan tetap melakukan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan Kabupaten Tabalong, Masdulhak Abdi menuturkan, pihaknya akan terus berupaya menggerakan seni dan budaya di bumi sarabakawa ini. Terlebih adanya Intruksi Menteri Dalam Negeri yang mulai memperbolehkan adanya pertunjukan seni dan budaya terbatas, di masa pandemi covid-19.

“Beberapa kebijakan memang mengharuskan kita untuk berfikir bagaimana melakukan seni budaya ini tetap jalan karena tadi berkaitan dengan ketahanan budaya, jadi kegiatan kegiatan itu ada yang kita siapkan secara langsung tapi dengan protocol kesehatan yang ketat kemudian ada juga yang di setting untuk di sajikan secara virtual atau daring.” Kata Kepala Bidang Kebudayaan Disdik Tabalong, Masdulhak Abdi. Abdi menambahkan di penghujung tahun ini, bidang kebudayaan juga telah memprogramkan beberapa kegiatan untuk para penggiat seni dan budaya. Seperti pentas seni, pemilihan utuh diyang, gelar budaya sarabakawa, pembuatan film, festival karya tari daerah, karasmin budaya dan lain sebagainya, yang dilaksanakan secara langsung maupun virtual. (Gazali Rahman).

Ke Atas