TABALONG HARI INI

Pasca Self-Assesment SPBE 2021, Pemkab Tabalong Persiapkan Uji Bukti

TABALONG – Pemerintah Kabupaten Tabalong, melakukan persiapan akhir penilaian sistem pemerintahan berbasis elektronik, atau SPBE, pada 26 agustus 2021, di aula tanjung puri Setda Tabalong, kecamatan tanjung. Penilaian SPBE  rutin setiap tahun dilakukan oleh kemenpan, untuk menghasilkan gambaran tingkat kematangan dari pelaksanaan SPBE di instansi pemerintah.

Pada kesempatan ini, Kepala Diskominfo Tabalong, Pebriadin Hapiz memaparkan, pelaksanaan SPBE bukan sekedar berapa banyak aplikasi yang dihasilkan oleh instansi pemerintah, melainkan berapa banyak aplikasi yang saling terintegrasi dalam satu konstruksi yang sama. Sehingga aplikasi tersebut mudah untuk dikembangkan, dan bisa berbagi pakai.

 “Teman-teman di ASN juga masih berpikiran sangat awam, SPBE ini aplikasi, makanya cenderung di push bahwa udah perbanyak aplikasi. Tetapi sesungguhnya di SPBE ini bukan berapa banyak aplikasi yang kita punya, tapi berapa banyak aplikasi itu yang terintegrasi dan mampu berbagi pakai. Bagaimana aplikasi-aplikasi itu di develop dengan satu konstruksi yang sama, sehingga mudah dikembangkan dan bisa berbagi pakai.” Kata Pebriadin Hapiz, Kepala Diskominfo Tabalong.

Karena penyebaran covid-19 masih tinggi, penilaian SPBE tahun ini dilakukan dengan cara self-assesment, atau penilaian sendiri. Kasi pengelolaan e-Government Diskominfo Tabalong, Muhammad Zainani menjelaskan, self-assesment sudah dilakukan sejak bulan april, kemudian hasil penilaian tersebut akan dibuktikan kepada tim penilai Kemenpan-RB secara virtual pada 31 Agustus mendatang.

“Di self-assesment tersebut kita sudah lakukan sejak bulan april tadi, kita sudah ada skor yang kita peroleh dari self-assesment tersebut. Jadi pada penilaian di tanggal 31 agustus ini, itu adalah untuk memberikan bukti bahwa self-assement yang sudah kita lakukan itu sudah sesuai dengan yang kita lakukan.” Kata Muhammad Zainani, Kasi Pengelolaan E-Government Diskominfo Tabalong.

Adapun perolehan nilai SPBE Pemkab Tabalong secara self-assesment ialah 3,3, dari nilai maksimum mencapai 4. Untuk menilai SPBE tersebut, ada 47 indikator penilaian yang terbagi ke dalam lima pengelompokkan, yakni kebijakan, kematangan, manajemen, layanan, dan implementasi. (Alfi Syahrin).

Ke Atas