TABALONG HARI INI

Vaksin Dosis Kedua Terlambat? Jangan Khawatir, Tak Pengaruhi Efektivitas Vaksin

TABALONG – Beberapa waktu lalu Tabalong sempat mengalami kekosongan stok vaksin covid-19, akibat pendistribusiannya dibatasi. Hal ini terjadi karena pemerintah pusat memprioritaskan vaksinasi di daerah yang tinggi penyebaran covid-19. Akibat hal tersebut banyak masyarakat yang seharusnya mendapat suntikan dosis kedua, harus ditunda beberapa saat. Selain itu, penundaan pemberian vaksin dosis kedua juga banyak diakibatkan karena kondisi fisik calon penerima sedang tidak siap menerima vaksin dosis kedua.

Sesuai anjuran, interval vaksin sinovac dari dosis pertama ke dosis kedua berjarak 28 hari. Sedangkan interval vaksin astrazeneca dari dosis pertama ke dosis kedua antara 2 hingga 3 bulan. Kepala Dinas Kesehatan Tabalong, dokter Taufiqurrahman Hamdie menegaskan, keterlambatan penyuntikkan vaksin dosis kedua tidak akan memberikan dampak buruk pada tubuh. Namun dapat mengurangi efektivitas vaksin dalam membentuk antibodi.

 “Sebetulnya vaksin kedua dan kesatu itu hanya booster untuk peningkatan akhirnya klo memang sampai lebih itu akan menuruni efektivitas vaksin yang pertama jadi antibody tetap ada namun tidak se efektiv vaksin yang sesuai dengan jadwal yang sudah di tetapkan.” Kata Kepala Dinas Kesehatan, dr. Taufiqurrahman hamdie.

Dokter Taufiq menambahkan, jika memang tersedia, vaksinasi hendaknya dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan petugas kesehatan, agar anti body yang dihasilkan dapat terbentuk secara maksimal. (Gazali Rahman).

Ke Atas