TABALONG HARI INI

Pemkab Tabalong Hadiri Rakornas Pengendalian Inflasi Tahun 2021

TABALONG – Pemerintah Kabupaten Tabalong, yang dipimpin Bupati Anang Syakhfiani mengikuti rapat koordinasi pengendalian inflasi tahun 2021 secara virtual pada 25 Agustus 2021 di Tanjung. Dalam rapat yang dipimpin Presiden RI ini, pemerintah dituntut dapat mendorong peningkatan peran umkm pangan, melalui optimalisasi digitalisasi untuk mendukung pemulihan ekonomi dan stabilitas harga pangan.

Dalam arahannya, Presiden Joko Widodo mengaskan beberapa hal kepada tim pengendali infalasi pusat maupun tim pengendali inflasi daerah, untuk terus menjaga ketersediaan, stok, dan stabilitas harga bahan pokok. Selain itu, TPIP dan TPID diminta tidak hanya fokus mengendalikan inflasi saja, namun juga harus proaktif mendorong sektor ekonomi yang tumbuh makin produktif, serta membantu meningkatkan produktivitas petani dan nelayan, juga memperkuat sektor umkm agar mampu bertahan dan bisa naik kelas.

Presiden juga menambahkan, masa pandemi covid-19 menjadi momen baik untuk meningkatkan nilai tambah di sektor pertanian. Mengingat sektor pertanian menjadi sektor unggulan yang tetap dapat bergerak produktif dan melibatkan banyak tenaga kerja meski ditengah pandemi covid-19.

Sebelum menutup sambutannya, Jokowi juga berpesan kepada para Menteri, Kepala Lembaga dan Kepala Daerah, untuk memperkuat pendampingan terhadap petani dan memanfaatkan platform teknologi, termasuk platform digital untuk mendorong peningkatan produktivitas petani, dan memotong rantai pemasaran umkm pangan, (Maria Ulfah).

Ke Atas