TABALONG HARI INI

Lestarikan Ikan, Diskan Tabalong Lepas Ribuan Bibit Ikan

TABALONG – Dinas perikanan Tabalong melalui bidang perikanan tangkap dan pengawasan, melakukan restocking ikan di 2 desa yang ada di Tabalong, pada 22 Juli 2021. Restocking atau pelepasan ikan di perairan umum dilakukan di Guntung Pa’atu Desa Bilas Kecamatan Upau, serta Cek Dam Desa Muang Kecamatan Jaro.

Pada restockong kali ini, dinas pertanian tabalong melepas 3 jenis benih ikan. Di desa bilas benih ikan yang diterbar berupa ikan betok 2.200, gurame 2.100, dan jelawat seribu 500 ekor. Sedangkan di Desa Muang ikan yang ditebar, berupa benih ikan betok atau pepuyu 4.300 ekor, gurame 4.300 ekor dan jelawat 3.040 ekor.

Kabid perikanan tangkap dan pengawasan Dinas Perikanan Tabalong, Muhammad Agus Norrahman menjelaskan, program restocking yang dilakukan Dinas Perikanan Tabalong, merupakan upaya untuk melestarikan keanekaragaman sumber daya ikan, perairan umum.

Restocking merupakan salah satu upaya dari dinas perikanan kabupaten tabalong dalam rangka untuk menjaga kawasan perairan agar kawasan perairan itu tersedia stok ikannya selain itu juga tujuan lainnya adalah untuk meningkatkan kelestarian sumberdaya ikan.” Kata Kabid Perikanan Tangkap dan Pengawasan Diskan Tabalong, M. Agus Norrahman.

Agus berharap, dengan restocking ini, kedepannya dapat menjadi bahan penyedia pangan yang berasal dari ikan untuk masyarakat. Terlebih ikan merupakan makanan yang kaya akan gizi serta mampu mengurangi potensi stunting pada anak. (Gazali Rahman).

Ke Atas