TABALONG HARI INI

Aman Dan Nyaman Memasuki Dunia Digital Agar Indonesia Makin Cakap Digital

KABUPATEN TABALONG kembali menjadi target pelaksanaan Program Literasi Digital Nasional “Indonesia Makin Cakap Digital” oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo). Program berbentuk Webinar Literasi Digital kali ini mengangkat tema Aman dan Nyaman Memasuki Dunia Digital, yang berlangsung pada Kamis (29/7) Pukul 14.00 Wita.

Seperti sebelumnya, ajang virtual ini menghadirkan berbagai narasumber yang berkompeten di bidangnya baik narasumber Lokal Tabalong maupun luar Tabalong. Untuk Narasumber Lokal Tabalong ada Bahyudin Nor (Guru sekaligus Content Creator Youtube & Blog) membahas mengenai Tren Pekerjaan & Usaha di Dunia Digital.

“Indonesia memiliki potensi ekonomi yang sangat besar dimasa yang akan datang. Hampir 170 juta penduduk Indonesia telah mengakses internet dan menggunakan media sosial, artinya ada perubahan tren penduduk Indonesia dalam mengkonsumsi media/informasi” Kata Bahyudin.

Ada pula narasumber lokal Tabalong yakni Zulrifan noor (Profesional Digital Fundriser, Konsultan Zakat dan Wakaf) mengupas mengenai Cara Memahami Pinjaman Online yang Aman dan Legal.

“Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika kita mau mengajukan peminjaman secara online, salah satu nya kita harus tahu apakah pinjol tersebut sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan atau belum” Pungkas nya.

Selain itu ada juga narasumber lainnya, seperti Grandika Primadani (Oil and Gas Professional) membahas mengenai Peran Literasi Digital untuk Mengubah Mindset Konsumtif menjadi lebih produktif.

Grandika mengatakan materi ini ditujukan kepada masyarakat terutama generasi milenial yang saat ini masuk ke dalam kategori paling konsumtif.

“Generasi milenial kerap dinilai sebagai generasi yang kreatif dan berani mengambil risiko. Mereka memiliki banyak ide-ide menarik dan memiliki karakter yang sangat produktif. Namun disisi lain, mereka juga sangat konsumtif, hal ini salah satu nya dipengaruhi oleh budaya digital dan intensitas penggunaan internet” Pungkas Grandika.

Di webinar ini juga diberikan materi mengenai Tips and Trik Agar Aman Saat Belanja Online oleh drg. Irvanda Mulyaningsih (Dokter Gigi & Makeup Artist). Dalam materi ini disampaikan mengenai kekurangan dan kelebihan berbelanja online yang saat ini dari tahun ke tahun mengalami kenaikan transaksi online setiap tahun nya.

“Dalam berbelanja online ada kemudahan transaksi yang didapat, cepat, selain itu buka usaha pun tidak perlu modal besar. Namun ada pula kekurangan nya seperti masih minimnya payung hukum untuk perlindungan konsumen dan penjual, menurunnya transaksi offline store, bahkan yang lebih membahayakan yakni mengundang para penjahat dengan melakukan modus penipuan online” kata drg Irvanda.

Kegiatan yang dilaksanakan via zoom ini berjalan sukses. Peserta dari Kabupaten Tabalong yang mengikuti kegiatan ini cukup antusias dan mereka mendapatkan e-sertifikat sebagai bentuk penghargaan atas partisipasi nya mengikuti kegiatan ini hingga selesai. Sementara untuk peserta beruntung akan mendapatkan doorprize berupa saldo digital dengan total hadiah Rp. 1.000.000.

Ke Atas