Radio Suara Tabalong

Pemberian Vaksin Covid 19 Dipastikan Aman Untuk Lansia

Radio Suara Tabalong – Pemerintah Kabupaten Tabalong tengah gencar melaksanakan vaksinasi Covid 19, hal tersebut dilakukan untuk terus menekan angka kasus covid 19 di Kabupaten Tabalong yang saat ini masih menjadi terendah di Provinsi Kalimantan Selatan.

Pada tahap awal pemberian vaksin masih menyasar SDM Kesehatan, Petugas Publik dan lansia se Kabupaten Tabalong dengan data terakhir yang sudah divaksin sebanyak 4.602 orang.

Berdasarkan hasil uji laboratorium BPOM mengenai keamanan bagi penerima vaksin diatas umur 59 tahun, Pemerintah Indonesia memberi perhatian lebih kepada masyarakat dengan kategori Lanjut Usia (lansia) untuk diprioritaskan mendapat vaksinasi covid 19. Golongan lansia menjadi prioritas sasaran vaksin karena golongan ini tingkat kerentanan dalam terpapar covid 19 sangat tinggi sehingga diperlukan segera mendapatkan vaksinasi, untuk menurunkan angka kesakitan dan kematian covid19.

Seperti Bupati Tabalong, H. Anang Syakhfiani yang sempat terbentur aturan usia maksimal penerima vaksin Covid-19, mendapat vaksinasi covid 19 bersama ASN di lingkup Sekretariat Daerah Kabupaten Tabalong pada hari Selasa (20/4/21).

“Alhamdulillah hasil skrining, beliau memenuhi syarat untuk dilakukan vaskin, dan sudah dilaksanakan vaksin untuk beliau.” kata Gusti Judid

Adapun target lansia Kabupaten Tabalong yang diprioritaskan mendapat vaksinasi covid 19 sebanyak 22.537 orang, namun dikarenakan terbatasnya jumlah distribusi vaksin maka lansia harus menunggu giliran disuntik vaksin.

Disampaikan juru bicara pelaksana vaksinasi Covid 19 Tabalong, Gusti Judid Ihsan Permana, bahwa pihaknya sudah menyampaikan surat permohonan kepada Satgas Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) untuk tambahan distribusi vaksin bagi Lansia, namun masih menunggu karena adanya keterbatasan jumlah vaksin yang datang, sambil menyelesaikan vaksin untuk petugas publik.

Seperti diketahui, setelah MUI mengeluarkan fatwa bahwa vaksin tidak membatalkan puasa, maka Dinas Kesehatan Kabupaten Tabalong terus melakukan vaksin di siang hari selama bulan Ramadhan pada instansi pelayanan publik yang menjadi prioritas awal penerima vaksin covid 19. (RINA)

Klik Untuk Berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Ke Atas