TABALONG HARI INI

Masalah Tanah, Komisi III DPRD Tabalong Pertemukan Warga dengan PT Adaro

TVTABALONG – Komisi III DPRD Tabalong memediasi permasalahan sengketa lahan sawah masyarakat di sungai Panukan Desa Warukin Kecamatan tanta, dengan PT Adaro Indonesia, pada 5 April 2021 di Sekretariat DPRD Tabalong. Dalam mediasi ini, pemilik lahan mengaku belum tanahnya yang menjadi sengketa belum mendapat pembebasan oleh PT Adaro.

Lahan yang disengketakan dalam kasus ini seluas 1,2 hektar. Pemilik lahan, Johny Luku mengaku sejak tahun 2009, sengketa lahan tersebut tidak ditanggapi oleh pihak perusahaan. Sehingga ia mengirimkan surat ke dprd, untuk memediasi permasalahan ini.

Dalam kesempatan ini Johny menejelaskan lahan yang merupakan warisan oran tuanya tersebut kini telah digarap PT Adaro bersama lahan di sekitarnya. Namun hanya tanahnya yang belum mendapatkan ganti rugi pembebasan lahan.

“Warisan orang tua saya, kiri-kanan sudah dibebaskan, muka-belakangsudah, cuma tanah saya yang belum.” Ungkap Pemilik Lahan, Johny. K. Luku.

Sekretaris Komisi III DPRD Tabalong, Dahli, selaku pimpinan rapat, meminta kedua belah pihak untuk memusyawarahkan permasalahan ini. Pasalnya sengketa ini dimulai sejak tahun 2009, sehingga pihak perusahaan harus mencari data dan informasi pembebasan lahan di tahun tersebut. Dahli pun meminta kedua belah pihak untuk melaporkan hasil musyawarah kepada pihak DPRD, Kodim, Polres dan DLH Tabalong.

“Jadi kita sudah meminta kepada kedua belah pihak untuk duduk bersama, nanti hasilnya kita akan minta, jadi DPRD, Dandim, Polres, DLH juga, meminta hasil dari pada perundingan mereka ini, kita optimis permasalahan ini segeras elesai.” Kata Sekretaris Komisi III DPRD Tabalong, Dahli.

Komisi III DPRD Tabalong juga mengatakan, jika nantinya permasalahan ini belum dapat terselesaikan, maka pihaknya akan kembali memanggil kedua belah pihak, sampai permasalahan ini benar-benar tuntas. (Muhammad Ariadi).

Ke Atas