TABALONG HARI INI

BPKAD Ubah Manajemen Keuangan Daerah dari Simda ke SIPD

MABU’UN – Managemen keauangan daerah telah menjalani masa transisi, dari simda atau sistem informasi managemen keuangan daerah menuju SIPD, sistem informasi pemerintah daerah.

Hal ini di bahas pada rapat kerja Komisi 2 DPRD bersama Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah, di ruang rapat pimpinan DPRD Tabalong, Jum’at (15/01).

SIPD memiliki beberapa manfaat dalam sebuah pemerintahan, diantaranya menyediakan data dan informasi yang akurat, terbaru untuk perancangan pembangunan daerah.

SIPD ini juga dapat digunakan sebagai pengawasan setiap regulasi dalam pengelolaan keuangan pemerintah serta merupakan bagian dari penilaian pemerintah pusat terhadap pemerintah daerah yang mendapatkan kepercayaan atas kucuran anggaran, untuk pembangunan maupun pelayanan bagi kesejahteraan masyarakat.

Ketua Komisi 2 DPRD Tabalong, Sumiati sangat mengapresiasi perkembangan sistem dari Simda ke SIPD. Ia menilai SIPD memiliki transparansi yang jelas terhadap penganggaran, Namun karena banyak perbedaan dengan Simda, Sumiati menilai pihaknya harus mempelajari detail penggunaan SIPD.

Dari simda dan SIPD itu yang pertama seandainya sipd ini petunjuk teknisnya disampaikan dengan detail sebenarnya ini lebih terukur kenapa segala sesuatu tidak bisa secara global kita harus terinci jelas dan tau peruntukannya dan plot pembiayaan” Jelasnya.

Sumiati berharap detail teknis penggunaan SIPD dapat diperluas, sehingga semua pihak legislatif dapat memahami penggunaan sistem tersebut. (Gazali Rahman)

Ke Atas