TABALONG HARI INI

Segudang Manfaat Permainan Tradisional Bagi Perkembangan Anak

Tabalong – Di tengah era teknologi seerti saat ini, gawai tidak asing bagi anak-anang. Salah satu fungsi gawai yang sering dipakai anak-anak adalah untuk memainkan permainan atau game, baik online maupun offline. Fungsi permainan pada gawai ini pun telah banyak menggeser peran permainan tradisional di kalangan anak-anak. Padahal, permainan tradisional memiliki segudang manfaat bagi pertumbuhan anak, yang tidak dimiliki oleh permainan atau game yang ada pada gawai atau smartphone.

Melalui permainan tradisional anak lebih banyak mendaptkan manfaat positif. Salah satunya seperti melatih fisik dan spontanitas gerak anak. Karena di permainan tradisional anak dituntut banyak bergerak. Sedangkan permainan di gawai, anak lebih banyak duduk dan rebahan.

Selain itu permainan tradisional juga menuntut anak dapat bersosialisasi secara riil atau nyata dengan orang lain. Juga dapat menumbuhkan insting menyusun strategi melaui permainan, serta kemampuan bekerjasama dengan teman lainnya. Berbeda dengan permainan di gawai, dimana anak hanya bisa berinteraksi degan orang lain melalui dunia maya.

Ketua Komite Olahraga Rekreasi Masyrakat Indonesia Kabupaten Tabalong Ahmad Jubair, menjelaskan, melalui permainan tradisional, anak dapat mengenal lingkungan tempatnya bermain, yang umumnya dilakukan di alam terbuka, seperti bermain layang-layang, balogi, bagasingd an berbagai permainan lainnya yang dapat menumbuhkan insting untuk beradaptasi dengan dunia luar. Karena menurut jubair, kemampuan untuk mengenali lingkungan dengan baik menjadi modal positif bagi tumbuh kembang anak.

“Nah sekarang kita harus mengembangkan permainan olahraga dan tradisional ini untuk anak dan kaum millenial sekarang, di mana saat ini kita mengetahui banyak kecenderungan yaa,  millenial anak muda kita banyak bermain gadget, main hp main game di rumah, di kamar, di tilam. Ini akan kita coba arahkan kembali olahraga permainan tradisional ini untuk aktivitas anak-anak kita kaum millenial ini untuk bisa kembali ke alam, ke lingkungan. Bisa akrab dengan lingkungan tempat tinggalnya untuk bisa bermain bersama, ini yang kita dorong, ini sudah kita lakukan oleh kawan-kawan. ” kata Ahmad Jubair.

Selain menyimpan segudang manfaat positif, memainkan permainan tradisional juga salah satu bentuk melestarikan permainan yang sudah menjadi bagian dari budaya indonesia.

Ke Atas