TABALONG HARI INI

Program Pemberian Obat Pencegahan Massal (POPM) Cacingan Digiatkan Dengan Inovasi Drive Thru

Tabalong – Untuk menjamin kesehatan generasi anak di Tabalong, Dinas Kesehatan menggiatkan program rutin tahunan, pemberian obat pencegahan massal cacingan di Tabalong, yang di mulai pertengahan September 2020 lalu. Karena pandemi covid-19 masih belum berakhir, pemberian obat cacing massal pun dilakukan dengan inovasi pembagian secara drive thru, yang diberlakukan di Posyandu, Taman Kanak Kanak, PAUD, dan Sekolah Dasar di Tabalong.

Dalam aksi ini Dinas Kesehatan Tabalong membagikan sebanyak 56.858 obat cacing, yang ditujukan pada pada anak berusia satu sampai 12 tahun. Kepala Dinas Kesehatan Tabalong, dokter Taufiqurrahman Hamdie mengatakan, pembagian obat cacing, sebagai intervensi pencegahan stunting pada anak-anak berusia dua tahun kebawah. Pasalnya cacingan merupakan salah satu faktor penyebab infeksi, yang kerap menghambat pertumbuhan anak pada usia tersebut.

Ini salah satunya juga interpensi untuk anak dibawah umur 2 tahun untuk pencegahan stunting, karna kita tahu anak umur 2 tahun salah satu penyebab infeksi pada anak iyalah cacingan, yang bisa menghambat pertumbuhan anak yang alami stunting di bawah umur 2 tahun, ini yang kami lakukan sehingga kegiatan vital di pasca pandemic ini dapat kami lakukan untuk pembagian di Tabalong kami lakukan dengan metode secara drive thru” kata dr. Taufiq

Sebelum pembagian dilakukan, pihak Posyandu, Puskesmas maupun Sekolah Dasar, berkoordinasi terlebih dahulu terkait jadwal pembagian, melalui pesan singkat media online, dengan para orang tua anak. Kemudian setiap anak, diminumkan satu paket obat sekali minum oleh orang tuanya di rumah, dengan direkam video melalui smartpohone, dan dikirimkan ke pihak guru, maupun petugas puskes yang membagikan, sebagai bukti otentik pendisribusian obat cacing, sudah mencapai sasaran yang ditargetkan.

Ke Atas