TABALONG HARI INI

Kasus Pungli Tabalong Paling Rendah Se-Kalsel

Tabalong – Unit Pemberantasan Pungli, UPP Provinsi Kalimatan Selatan menyampaikan hasil kegiatan kasus Operasi Tangkap Tangan, OTT dalam tiga tahun terakhir di Tabalong pada 29 September 2020. Dalam kesempatan ini disampaikan temuan 3 kasus operasi tangkap tangan, OTT, dan 4 tersangka di Kabupaten Tabalong. Jumlah ini merupakan yang paling rendah di kalimantan selatan. Karena total kasus sekalsel sebanyak 102 OTT, dan 171 tersangka.

Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani menyampaikan, hal tersebut patut disyukuri, karena temuan kasus yang semakin melandai setiap tahunnya. Ia berharap hal tersebut dapat ditingkatkan, terutama dalam hal pencegahan serta pemberantasan pungli di masa – masa yang akan datang.

“Dari laporan dan hasil monitoring saya dari tahun ke tahun makin mendekati tahun 2020 ini temuantemuan tim ini semakin landai, semakin berkurang gitu. Nah ini yang patut kami syukuri, mudahmudahan ini dapat kita terus pertahankan dan perlu ditingkatkan lagi di masamasa yang akan datang.” Kata Anang

Terkait rendahnya temuan kasus pungli di Tabalong, auditor kepolisian Madya Tingkat Tiga Inspektorat Pengawasan Daerah Polda Kalsel, Kombes Pol Insinyur Soedaryono mengatakan, hal tersebut tidak terlepas dari pimpinan dan aparatur di Pemkab Tabalong, yang sudah menyadari bahwa pungli bukan lagi sebagai budaya dan tren.

“Yang pertama itu bahwa pungli itu ada, buktinya apa? Buktinya ada tersangkanya kok. Kenapa rendah? Ya karena memang dari pimpinannya, dari aparatnya, menyadari betul bahwa pungli itu sudah tidak menjadi budaya, sudah menjadi tren, sebagai aparatur pemerintahan. Nah bagi yang tertangkap itukan karena ya memang mungkin juga sudah diarahkan tapi tidak patuh, ya itulah.” Kata Soedaryono

Kombes Pol Insinyur Soedaryono, juga turut mengapresiasi upaya Pemkab Tabalong, dalam tiga tahun terakhir melakukan lebih dari 70 ribu kegiatan, yang mengutamakan pencegahan daripada penindakan, atau pemberantasan pungli. Ia menilai hal tersebut merupakan bukti keseriusan pemerintah kabupaten tabalong, untuk menghilangkan budaya pungli yang sudah lama ada.

Ke Atas