TABALONG HARI INI

Kasus DBD Tabalong Menurun, LKBJ Tetap Digiatkan Untuk Menekan Kasus

Tabalong – Memasuki musim hujan tahun ini, Dinas Kesehatan Tabalong kembali melaksanakan kegiatan lomba kawasan bebas jentik, yang akan di gelar  akhir September 2020. Lomba tersebut digiatkan untuk menekan angka kasus penyebaran Demam Berdarah Dengue, DBD di Kabupaten Tabalong, dengan sasaran kawasan endemis, padat pemukiman penduduk.

Berbeda dari kabupaten lainnya, pelaksanaan LKBJ di Tabalong juga bertujuan menggerakkan massa, untuk menjaga kebersihan lingkungan bebas dari jentik nyamuk. Pasalnya perlakuan fogging untuk mmberantas nyamuk, tidak cukup efektif untuk mencegah penyakit tersebut, sehingga harus dimlai dari pemberantasan jentik.

Kepala Seksi Pencegahan Dan Pengendalian Penyakit Menular Dinas Kesehatan Tabalong, Taufik mengatakan, upaya penanganan DBD tidak akan bisa digerakkan jika tidak ada upaya dari masyarakat sendiri. Terutama dalam menjaga kebersihan lingkungan bersama.

“Tidak mungkin DBD itu bisa kita atasi kalau hanya bidang kesehatan yang bergerak, kalau tidak masyarakat itu sendiri, nah inilah salah satu gerakan masa nah kami mengimplimentasikan kegiatan satu rumah satu jumantik, di kabupaten tabalong dengan lomba kawasan bebas jentik, karna jentik itulah yang menentukan kepadatan nyamuk yang akan menularkan DBD.” Kata Taufik

Lomba kawasan bebas jentik sudah pernah terlaksana di tahun 2019, yang mana perlombaan ini terbukti menekan angka kasus penyebaran DBD di Tabalong. Terutama pada daerah yang pernah menyandang kasus terbanyak DBD, pada tahun 2016.

Meski DBD pada tahun ini menurun dari tahun sebelumnya, pelaksanaan LKBJ tetap digiatkan demi menekan pelonjakan kasus, sekaligus menigkatkan kepedulian masyarakat, dalam pengelolaan lingkungan bebas dari  sarang nyamuk.

Ke Atas