TABALONG HARI INI

2 Sektor Usah Ini Dinilai Masih Ramai Selama Pandemi…

Tabalong – Pandemi covid 19 memberikan dampak besar di berbagi sektor, terutama ekonomi. Banyak sektor usaha mengalami penurunan penghasilan. Namun hingga saat ini ada sejumlah jenis usaha yang dinilai masih ramai, diantaranya seperti pedagang makan online dan jasa ekspedisi.

Kepala Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Tabalong, Husain Ansari menjelaskan, sektor usaha jasa pengiriman dan usaha kecil dan menengah khususnya makanan, yang dipasarkan melalui platform digital masih dapat bertahan dengan kuat ditengah pandemi covid-19.

“Ada beberapa jenis usaha yang terdampaknya sanggat rendah di covid 19 ini yang pertama adalah jasa ekspedisi masyarakat masih memanfaatkan pengiriman barang menggunakan jasa ekspedisi yang kedua dari sisi penyediaan makanan secara online jadi UMKM yang berbasis digital itu dalam kondisi covid 19 ini juga terbantu tidak terdampak dari covid 19,jadi upaya upaya yang dilakukan kami disperindag agar industri IKM itu kecil dan menengah itu bisa menuju Go Digital jadi kita semua harapkan nanti menggunakan teknologi informasi sehingga bisa mereka berjualan secara online.” Ucap Husin Ansari

Bertahannya sektor usaha kecil khususnya makanan di tengah pandemi covid-19, dirasakan pelaku usaha, Marlia. Ia menjelaskan meski terjadi pandemi, namun usaha kecil berupa pembuatan kue miliknya maish berjalan normal.

“Alhamdulillah masih ada aja kalau dihitung-hitung memang ada pengurangan lah ibaratnya yang tadinya kita punya pekerjaan sekarang dibantu anak aja lagi,untuk pesanan alhamdulillah ada aja setiap hari.” Kata Marlia

Marlia menjelaskan, selama ini ia memanfaatkan sosial media untuk memasarkan dagangannya. Sehingga sampai saat ini pesanan pun selalu datang dari platform digital tersebut.

Ke Atas