TABALONG HARI INI

Progres BSPS Kabupaten Tabalong, Sudah Sampai Tahap Ini…

Tabalong – Sebanyak 35 unit rumah tidak layak huni di Tabalong, mendapat program bantuan stimulan perumahan swadaya dari pemerintah kabupaten tabalong tahun anggaran 2020. Program BSPS kabupaten merupakan program pendamping dari program BSPS Kementerian PUPR, agar secara Bertahap tidak ada lagi rumah tidak layak huni di Tabalong.

35 unit rumah yang mendapatkan program BSPS kabupaten tahun 2020, tersebar di beberapa desa dan kecamatan di Tabalong. Di kecamatan Banua Lawas, program BSPS tersebar di Desa Hapalah Kecamatan sebanyak 22 rumah, dan Desa Bangkiling 5 rumah. Pamarangan Kiwa Kecamatan Tanjung 4 rumah, Desa Tanta Kecamatan Tanta 2 rumah, Desa Puain Kanan Kecamatan Tanta 1 rumah, dan Kecamatan Murung Pudak 1 rumah.

Dari segi bantuan, program BSPS Kabupaten berbeda dengan BSPS dari kementerian, karena BSPS dari kementerian bantuan yang diberikan berupa uang yang di transfer ke rekening si penerima lalu dibelikan barang. Namun untuk program BSPS kabupaten bantuan diberikan langsung berupa bentuk barang, walaupun nominal nya sama yakni 17 juta 500 ribu rupiah, dengan rincian 15 juta untuk barang dan 2 juta 500 ribu rupiah untuk upah tukang.

Kasi Penyediaan Perumahan Disperkimtan Tabalong, Amin Suratno mengatakan, karena bantuan yang diberikan berupa barang, maka progres hingga saat ini pemerintah tengah melakukan tahap tender lelang barang.

“Untuk BSPS kabupaten memang tahun ini ada walaupun sedikit itu sebagai stimulan sebagai pendamping BSPS pusat, jumlah nya hanya 35 unit dan sekarang masuk dalam tahap lelang tender barang, SK sudah. Barang nya kita tender karena berbeda dengan BSPS pusat itu anggaran nya dalam bentuk uang karena dasarnya dari permenpu no. 17 tahun 2018, kemudian kalo kita sesuai dengan kode pembiayaan kita adalah bantuan dalam bentuk barang oleh sebab itu kita berikan dalam bentuk barang, walaupun nominal nya sama” kata Amin Suratno.

Sesuai jadwal, tender barang akan selesai pada 2 Oktober mendatang, setelah itu dapat penyedia dan langsung pengerjaan. Pengerjaannya pun diperkirakan akan selesai berbarengan dengan BSPS pusat.

Ke Atas