TABALONG HARI INI

Tingkatkan Produksi Hortikultura, Dinastan Berikan Pelatihan Budidaya Bawang Merah & Cabai Secara Organik

Tabalong – Dinas Pertanian Tabalong, berikan pelatihan budidaya bawang merah dan cabai secara organik serta penanganan pasca panen, kepada 10 kelompok tani di wilayah utara taalong. Pelatihan dipusatkan di balai penyuluh pertanian Desa Ribang Kecamatan Muara uya selama 3 hari, mulai dari 22 September 2020.

Dari 10 kelompok tani, setiap kelompoknya diwakili 4 orang peserta,  sehingga total peserta yang mengikuti pelatihan ini sebanyak 40 orang. Kepala bidang hortikultura dinas pertanian tabalong, suhadi menuturkan, pelatihan diberikan agar para petani terampil memanfaatkan limbah sebagai pupuk organik. Karena sebelumnya mayoritas petani di tabalong, cenderung menggunakan pupuk berbahan kimia.

“Budidaya pertanian di Tabalong ini lebih cenderung berbahan kimia, seperti pupuk urea pupuk npk pospat, kalsium itu semuanya pabrikan berbahan kimia, kita coba alihkan kebahan yang ada di desa, sebagai bahan pengganti pabrikan tadi.” Kata Suhadi.

Pelatihan budidaya tani organik ini merupakan tindak lanjut dari bantuan pemerintah dan bank indonesia sebelumnya, yang memberi bantuan berupa saprodi, benih tanam, pupuk organik, pestisida nabati, dan bahan mentah budidaya pertanian organik.

Perwakilan petani Sidomuncul Desa Ribang, Dwi Cahyono mengatakan, pihaknya pernah mencoba menggarap budidaya bawang organik sebelumnya, namun hanya pada skala kecil. Dengan pelatihan yang di ikutinya ini, pihaknya diminta mengembangkan budidaya organik, dengan skala yang lebih luas.

“Ya kami pernah, cuma dalam skala kecil pak, jadi skala rumahan kami pernah mencoba, untuk skala organik memang hasilnya lebih memuaskan, cuma dari bantuan ini di harapkan, kita akan bisa bertanam organic dengan skala lebih luas, kedepannya oleh bi dan dinas terkait, soalnya kedepannya kita didorong oleh dinas dan oleh bi di dorong secara full kita.” Kata Dwi Cahyonno

Dalam pelatihan ini, juga dipaparkan teknik pemasaran pasca panen. Para petani di desa ini juga di beri bantuan pembangunan gudang penampungan bawang. Kelompok tani yang hadir, diharapkan dapat  mendukung program pemerintah daerah untuk membentuk swasembada sayur mayur, khususnya di wilayah tabalong.

Ke Atas