TABALONG HARI INI

Desa Jaro Masuk Verifikasi Proklim 2020, Dari Kategori Madya Ke Utama

Tabalong – Dinas Lingkungan Hidup Tabalong bersama tim verifikasi nasional program kampung iklim, melakukan verifikasi lapangan program kapung iklom, proklim pada 22 September 2020. Verifikasi lapangan dilakukan ke kecamatan jaro tepatnya di wisata mebung Desa Jaro.

Verifikasi lapangan ini menentukan tingkatan proklim yang disandang embung desa jaro ini, yang sebelumnya menyandang predikat madya, ditargetkan menjadi proklom kategori utama. Kawasan desa jaro yang masuk program kampung iklim seluas 4,9 kilometer persegi, mencakup tiga rt, dengan mayoritas penduduk sebagai petani dan peternak.

Dalam verifikasi lapangan ini tim akan mencocokan kondisi langan dengan 9 kategori penilaian. Seperti pemanfaat pekarangan rumah, pembuatan pupuk organik, terasering, dan lainnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Tabalong, Rowi Rawatianice berharap dengan menjadikan desa jaro sebagai kampung iklim, adalah upaya untuk menghadapi degradasi lingkungan dan  perubahan iklim. Ia juga menjelaskan, kawasan proklim desa jaro ini telah diupayakan sesuai dengan kategori proklim kategori utama yang ditetapkan kementerian lingkungan hidup dan kehutanan.

“Kita harapkan ditingkatkan kampung iklim disini meningkat, karena kampung iklim pertama pratama, madya dan utama, kalo boleh dibilang salah satu wujud, atau sudah sesuai oleh arahan kementrian bahwa proklim utama itu dapat dipastikan kita pengelolaan lingkungangannya untuk di desa sudah sesuai dengan pedoman dengan pedoman yang diinikan sesuai dengan kebijakan” kata Rowi

Selain verifikasi lapangan, dalam kesempatan ini juga dilakukan penyebaran bibit ikan sebanyak 300 ekor yang di lepas di Wisata Embung Desa Jaro. Bibit ikan merupakan bantuan dari dinas perikanan tabalong.

Ke Atas