TABALONG HARI INI

Cegah Penularan Covid-19, Warga Pendatang Wajib Swab Tes

Tabalong – Guna cegah penularan covid ninten, Bupati Tabalong mengeluarkan surat edaran baru nomor 595, yang berlaku sejak 21 September 2020, surat edaran tersebut berisikan tentang kewajiban tes swab pcr, kepada setiap warga pendatang yang akan tinggal di Tabalong.

Kewajiban tersebut diberlakukan kepada setiap warga yang datang dari luar Provinsi Kalimantan Selatan, dengan KTP domisili Tabalong maupun non Tabalong, dan berniat tinggal di tabalong dalam jangka waktu minimal tiga hari. Jika warga yang datang dari luar, tidak bisa menunjukkan hasil swab tesnya selama tiga hari , maka di wajibkan mengisolasi diri selama 10 hari, dan melakukan pemeriksaan swab tes secara mandiri.

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid Nineteen Tabalong, dokter Taufiqurrahman Hamdie menjelaskan, untuk warga dengan KTP tabalong, tes swab dilakukan tanpa biaya. Pasalnya di tabalong tersedia fasilitas swab khusus warga tabalong yang diakomodir oleh Tim GTPP.

“Nah untuuk ktp taalong insyaallah gratis karna itu di akomodir oleh tim gugus tugas, namun kalau dia bukan orang tabalong orang luar non ktp tabalong dia di anjurkan untuk melakukan swab mandiri, karna di tabalong tersedia saja fasilitas lakukan swab mandiri, ya lapor ke poskes terdekat nanti gtpp kecamatan akan lapor ke gtpp kabupaten. “ kata dr. Taufiq

Dalam surat edaran bupati tersebut, juga untuk mengingatkan, keaktifan wajib lapor bagi tamu yang datang di setiap desa maupun kelurahan dalam jangka waktu satu kali 24 jam. Selain itu, bagi pendatang yang tidak bisa menunjukan hasil swabnya selama jangka waktu yang diberikan, dalam 10 hari masa isolasi mandiri, maka akan di kembalikan ke tempat asalnya oleh Tim GTPP di desa maupun kelurahan setempat, per wilayah kecamatan .

Ke Atas