TABALONG HARI INI

Masyarakat Merasa Terbantu Dengan Adanya Program BSPS Pusat Tahun 2020

Tabalong – Begilah kondisi rumah milik asna, yang berlokasi di desa mahe pasar RT 1. Kini rumahnya tengah direnovasi agar layak huni, melalui program bantuan stimulan perumahan swadaya dari kementerian pupr.

Anak dari Asna, Iskandar Juanda, yang membantu pengerjaan perbaikan rumah, menceritakan, kondisi rumah yang berbahan dari kayu ini telah lapuk karena usia rumah yang sudah puluhan tahun. Dirinya pun bersyukur karena orang tuanya mendapat program BSPS tahun 2020 dari pusat, sehingga bisa memperbaiki rumah menjadi layak huni. 

“Rumah ini banyak yang rusak kaytu yang jabukan pokonya kada layak sudah maka ada jua tanah yang tehantak, jadi alhamdulillah ini dibantu oleh BSPS” kata Iskandar Juanda

Perbaikan 22 rumah tidak layak huni di mahe pasar ini terbagi dalam 2 kelompok. Ketua kelompok 2, Asan Ashari mengatakan, di kelompok 2 ini ada 11 rumah yang sedang proses renovasi, dan diharapkan bisa selesai tepat waktu.

“Kira-kira kalau bahan sudah hampir 100 persen, untuk bangunan sekitar 30 persen lah, karena pengerjaan nya ini tergantung alam misalnya itu hujan jadi pengerjaan nya ini ya dalam waktu dekat inilah bisa terselesaikan” kata Asan Ashari

Asan menambahkan, eratnya rasa kekeluargaan di Desa Mahe Pasar, maka pengerjaan renovasi rumah, sebagian dibantu oleh tetangga sekitar secara swadaya. Namun adapula pengerjaan yang dilakukan oleh tukang.

Ke Atas