TABALONG HARI INI

75 Kader Posyandu Ikuti Orientasi Peningkatan Keterampilan Terkait Seribu Hari Pertama Kehidupan

Tabalong – Dinas Kesehatan Tabalong melalui Bidang Kesehatan Masyarakat Seksi Kesehatan Keluarga Dan Gizi, kembali melaksanakan oreantasi kader posyandu pada 21 September 2020. Orientasi yang diselenggarakan di Aula Sekretariat PKK Tabalong ini, diikuti 75 orang peserta.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Tabalong, dokter Rapolo Manik menjelaskan kegiatan orientasi kader posyandu dilaksanakan sebagai upaya meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kader, pada masa 1000 hari pertama kehidupan yang secara tidak langsung akan menurunkan angka kematian ibu.

“Peningkatan kapasitas kader posyandu supaya posyandu semakin percaya dirilah dalam melaksanakan tugas tugasnya sesuai dengan tugas tugas posyandu terutama bagaimana untuk meningkatkan ibu bayi dan balita,tugas utama yang harus dilakukan si kader adalah bisa mendeteksi cara mendeteksi itu dengan melakukan penimbangan dan pengukuran nah itu awalnya kota juga bisa melihat potensi sumber masalah yang menyebabkan anak itu bermasalah dengan kesehatan.” Ujar dr. Rapolo manik

Ketua Pokja Empat PKK Tabalong, Siti  Hotijah berharap para kader dapat meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat. Sehingga masyarakat lebih menyadari pentingnya posyandu untuk kesehatan ibu, bayi dan balita.

“Posyandu lebih meningkatkan layanan terhadap masyarakat agar masyarakat semakin sadar melihat pemeliharaan kesehatan sejak dini masyarakat membutuhkan bimbingan untuk sadar kesehatan untuk ibu hamil ibu menyusui balita bay ditimbang serta diberikan pelayanan kesehatan.” Kata Siti Hotijah

Kegiatan ini bertujuan untuk mempercepat upaya penurunan dan pencegahan stunting. Selain itu juga untuk menurunkan angka kematian ibu dan angka kematian bayi, serta meningkatkan pengetahuan kesehatan masyarakat melalui kader posyandu.

Ke Atas