TABALONG HARI INI

43 SD Dapat DAK Dari Kementerian Pendidikan, Digunakan Untuk Ini…

Tabalong – Sebanyak 43 Sekolah Dasar di Kabupaten Tabalong memperoleh Dana Alokasi Khusus, DAK Tahun Anggaran 2020, dari Kementerian Pendidikan. DAK digunakan untuk pembangunan, ataupun rehabilitasi bangunan sekolah, seperti ruang kelas, ruang guru, perpustakaan, toilet, dan UKS.

SD yang memperoleh DAK ini terbanyak di kecamatan Banua Lawas, yakni 7 sekolah, di kecamatan tanta 6 sekolah, jaro dan haruai masing–masing 5 sekolah, muara uya dan kelua masing–masing 4 sekolah, Murung Pudak 3 sekolah. Upau, Muara Harus, Bintang Ara, dan Tanjung masing–masing 2 sekolah, serta pugaan 1 sekolah.

Kabid Pembinaan SD Dinas Pendidikan Tabalong, Taufikurahman menyampaikan, sekolah yang mendapatkan DAK ditentukan secara langsung oleh Kementerian Pendidikan, dengan pertimbangan melalui Data Pokok Pendidikan, atau Dapodik, yang diinput oleh masing – masing sekolah.

“Sistemnya ini adalah murni dari apa yang diinput dari sekolah melalui data pokok pendidikan di sekolah. Jadi data itu sifatnya online, yang mengisi sekolah, yang melaporkan kondisi sekolah itu adalah kepala sekolah melalui operator sekolah. Jadi bukan data yang kita usulkan.” Kata Taufik

Dapodik yang di input oleh masing–masing sekolah berisikan data atau kondisi sekolah, seperti profil sekolah, data pendidik, data siswa, sarana dan prasarana, serta keuangan. Dari data tersebut lah pihak kementerian memilig sekolah yang layak mendapatkan bantuan dana. (Alfi)

Ke Atas