TABALONG HARI INI

Unik! Sketsa Wajah Kalian Bisa Diukir Di Atas Kayu

Tabalong – Jika biasanya sketsa wajah digambar di atas kertas, sketsa wajah yang satu ini justru diukir di atas kayu. Seni mural dari media kayu ini, merupakan karya unik dari Novi Andri, warga Kelurahan Mabuun Kecamatan Murung Pudak. Ia menggeluti usaha seni mural dari media kayu ini sejak tahun 2018. Kini karya seninya yang berasal dari hobi, dijadikan sebagai ladang usaha.

Untuk membuat mural, biasanya Novi Andri memakai beberapa jenis kayu seperi kayu sungkai, kayu halaban, sampah multi plek, dan kayu ulin. Setelah memilih jenis kayu, proses pembuatan dilanjutkan dengan membuat sketsa lalu mengukir sketsa wajah.

Lebih fokus di 2018,tergantung mbak kalau untuk satu ini 2 hari karena kan pertama bikin siluet dulu kemudian kita milih media kayunya, tingkat kesulitannya dari gambar yang memang sudah lama ini contoh gambar lama memang giman caranya kita bikin yang bener bener hidup gitu bentuk foto muralnya.” Kata Novi Andri

Untuk menyelesaikan satu katya mural kayu, Andri membutuhkan waktu dua sampai 3 hari. Hasil karya seni mural kayu yang dihasilkan Andri ini dijual dari 700 ribu hingga 1,5 juta rupiah. Harga ini tergantung dari ukuran dan kerumitan pembuatan sketsa wajah yang dibuatnya. Untuk saat ini, pesanan hasil karya Andri banyak dipesan dari daerah pulau jawa. Seperti Jakarta, Bandung, Bali, Kalimantan Timur. (Munawarah)

Ke Atas