TABALONG HARI INI

Tingkat Kesadaran Masyarakat Tentang Protokol Kesehatan Meningkat

Tabalong – Setelah melakukan sidak di dua kecamatan di wilayah selatan tabalong, pada 17 September 2020, didapati hasil yang mana para pelanggar didominasi oleh masyarakat dari luar kabupaten Tabalong. Dari hasil tersebut, petugas gabungan pun menilai masyarakat tabalong sudah mulai menyadari pentingnya penerapan protokol kesehatan.

Pasalnya dari temuan 20 orang pelanggar yang terjaring di tiga titik lokasi pada dua kecamatan, para pelanggar kebanyakan berasal dari luar wilayah Kabuaten Tabalong. Koordinator penindakan, Pelaksana Tugas Kepala Satpol PP Tabalong, abdul halim menuturkan, kedepannya sasaran target lokasi penindakan, dilakukan di perlintasan jalan raya. Karena potensi pelanggaran protokol kesehatan masih kerap ditemui petugas.

Mungkin untuk kedepannya, sasaran penindakan kita ini bertempat di lintas jalan raya, nah kenapa.?  Kan kita di perlintasan Kalteng Banjarmasin, jadi yang kita jumpa ini kebanyakannya warga dari luar Tabalong, jadi kita melihat hasil hari ini terutama daerah Kelua, tingkat kesadarannya kali ini sudah lumayan tinggi, tergantung cara pemakaian masker yang lebih ditingkatkan lagi.” Kata Abdul Halim

Untuk menguji tingkat kesadaran di wilayah tengah, petugas gabungan kembali melaksanakan sida masker di Pasar Tanjung pada 18 September 2020. Dalam sidak kali ini, petugas menemukan 3 orang pelanggar yang tidak menggunakan masker. Dua orang di antaranya disuruh pulang oleh petugas lantaran tidak memiliki KTP dan tidak membawa masker. Sedangkan satu orang lainnya diminta membeli masker di tempat.

Jumlah pelanggar yang ditemui di pasar tanjung kali ini, lebih sedikit dibanding hari pertama penindakan perbup di lokasi ini. Upaya petugas mengimbau masyarakat secara persuasif selama ini, dinilai menghasilkan dampak positif, dalam mendorong kebiasaan masyarakat, menerapkan protokol kesehatan.

Ke Atas