TABALONG HARI INI

Sidak Pugaan, 14 Orang Kedapatan Tidak Memakai Masker

Tabalong – Petugas gabungan melakukan penindakan Perbup Nomor 26 Tahun 2020 di wilayah Kecamatan Pugaan pada 17 September 2020. Peninkan dilakukan di jalan raya, tepatnya di depan kantor kecamatan Pugaan.

Dari hasil sidak kali ini petugas gabungan mendapati 14 orang pelanggar tidak menggunakan masker saat melintas. Kebanyakan para pelanggar diantaranya, berdomisili di luar wilayah kabupaten Tabalong, yang mana pelanggar mengaku tidak menggunakan masker, dengan berbagai alasan.

“Dari Tamiyang, mau kesini aja cari atang kuburan, iya memang tau tapi ku sangka yang nyupir atau yang nunggang kendaraan. “ ujar Kurtani.

“Ke Tabur aja bang, kaget, kemaren suah jua tapi lolos hee., helmnya susah kalau pakai masker lepas terus,tau.” Ujar Reza

“Hilang di jalan, dari Amuntai ,handak ke Kalua sini meambil tanah, tahu ay.” Kata Yonda.

Sidak di wilayah Kecamatan Pugaan, merupakan pertama kali dilakukan oleh satuan tim gabungan, yang mana penindakan sebelumnya hanya dilakukan oleh tiga pilar pihak kecamatan. Camat Pugaan, Rony Saputra menilai, tingkat kesadaran masyarakat di wilayah Pugaan, sudah meningkat, dengan presentase sekitar 90 persen. Namun pihaknya akan terus menghimbau dan memberikan sosialisasi kepada masyarakat, akan pentingnya penerapan protokol kesehatan.

“Dengan adanya penindakan seperti ini sedikit banyak telah tingkatkan kesadaran warga namun masih ada warga yang masih harus kita sadarkan lebih lanjut, terkait hari ini masih ada warga yang lebih lanjut tidak menerapkan protocol kesehatan terutama tidak menggunakan masker pada saat keluar rumah, kalau kami perhatikan sampai sekarang di atas 90% warga sudah rajin menggunkan masker ketika beraktivitas di luar ruangan.” Jelas Rony

Kapolsek pugaan, iptu walimin berharap, para pelanggar tersebut nantinya dapat memberitahukan warga sekitar di wilayahnya, akan pentingnya  penerapan protokol kesehatan di masa pandemi. Hal ini lantaran banyak pelanggar yang terjaring dari luar tabalong.

“Dengan adanya operasi ini dan banyaknya masyarakat yang terjaring, kemudian bisa menyebarkan informasi ini kepada masyarakat lain dengan harapan supaya bisa mengikuti aturan kemana pun memakai masker.” Tambah Walimin

Dari total 14 orang pelanggar yang di dapati, sembilan orang di antaranya tidak bisa menunjukan kartu identitas, lantaran belum cukup umur. Selain itu ada pula yang mengaku tertinggal masker di rumah. (Rangga)

Ke Atas