TABALONG HARI INI

Pembukaan Pelatihan Tahap II BLK Disnaker Tabalong

Tabalong – Dinas Tenaga Kerja Melalui Balai Latihan Kerja Tabalong, melakulan pembukaan pelatihan berbasis kompetensi tahap ke dua, dengan 8 kejuruan, pada 19 september 2020. Pembukaan dihadiri 32 peserta, yang merupakan perwakilan dari masing-masing kejuruan,  dengan menerapkan protokol kesehatan, di aula blk tabalong.

Pelatihan tahap kedua ini, dibuka Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Kepala BLK Tabalong, dengan kapasitas 120 peserta, dari 8 kejuruan. Yakni kejuruan pengelasan SMAW 3G 340 JP, pengoperasian komputer dasar, teknisi akuntansi dasar, desain grafis, pemasangan listrik bangunan sederhana, perakitan komputer, teknisi ac split, pembuatan roti dan kue.

Kepala BLK Tabalong Suhartojo mengatakan, pelaksanaan pelatihan tahap ke dua berbeda dari pelatihan tahun sebelumnya. Karena dengan pandemi covid-19, pelatihan dilakukan dengan dua shift, dari pagi hingga sore hari, dan dengan menerapkan protokol kesehatan.

“Ya tetap aja masih komputer cuman kita arahkan untuk teknik yaa, jadi mereka habis belajar di blk sini yang pertama bisa kerja di perusahaan yang ke dua bisa mandiri, harapannya bisa seperti itu, mengingat kondisi seperti ini rawan tentang kesehatan jadi kita paling pecah dua. 16 pagi 8 orang yang 8 orang ini suruh pulang, selesai berikan PR kerjakan di rumah, terus siang 8 orang lagi jadi tetap kita melaksanakan protokol kesehatan.” Kata Suhartojo

Kepala Dinas Tenaga Kerja Syaiful Ikhwan berharap, peserta yang telah lulus mampu memanfaatkan pelatihan dengan baik, dan mendukung satu sama lain untuk memaksimalkan pelatihan guna memiliki skill yang sesuai kejuruan.

“Yang lulus dalam seleksi ketat, yang peminatnya cukup banyak ini mereka benar-benar mengikuti pelatihan dengan baik sungguh-sungguh gitu. Baik dalam hal menguasai materi pelajaran, kemudian pratiknya dan kita harapkan kepada mereka, satu kelompok bersaing, satu kelompok tapi tidak saling menggugukan, tapi saling menolong. Kita berharap semua menjadi lulusan terbaik meraih angka terbaik untuk pelatihan masing-masing kejuruan ini.” Jelas Syaiful Ikhwan.

Pelatihan tahap kedua ini, diharap mampu memulihkan ekonomi di tengah pandemi, khususnya bagi putera puteri Tabalong, yang mengikuti pelatihan agar memiliki kemampuan atau skill untuk bersaing di dunia kerja atau membuka usaha mandiri. (Maimun)

Ke Atas