TABALONG HARI INI

Penggilingan Padi Antasari Jaya Miliki 5 Mesin, Danramil : Antrean Bisa Dikurangi

Tabalong – Masyarakat Desa Bangkiling, Kecamatan Banua Lawas,  kini tidak lagi kesulitan untuk menggiling padi hasil panen mereka. Pasalnya  di desa ini telah didirikan kilang penggilingan padi antasari jaya. Berdirinya kilang penggilingan padi antasari jaya, merupakan inisiatif dan kerjasama antara kodim sepuluh nol delapan tanjung, koramil nol enam banua lawas, dan masyarakat serta kelompok tani setempat.

Danramil 06 Banua Lawas, Dwi Prayitno menjelaskan, sebelumnya di Desa Bangkiling hanya ada satu mesin penggilingan padi, sehingga proses penggilingan padi terbatas untuk beberapa orang saja. Hal tersebut melatarbelakangi didirikannya kilang penggilingan padi antasari jaya. Penggilingan padi disini menyediakan tiga unit mesin pemecah, dan dua unit mesin pemutih.

“Ini yang di bangkiling tidak yang pertama, tetapi kami meningkatkan yang ada hanya 1 mesin itupun untuk mencukupi beberapa orang, sehingga banyak masyarakat yang mengantri sehingga kami mendirikan dengan mesin pemecah 3, kemudian untuk pemutihnya ada 2.” Ucap Dwi Prayitno

Dwi prayitno menyampaikan, meski kelima mesin penggilingan padi untuk masyarakat desa bangkiling, namun masyarakat desa lain yang berada di kecamatan banua lawas, juga diperkenankan untuk melakukan penggilingan padi disini. Selanjutnya kilang penggilingan padi antasari jaya akan dikelola oleh babinsa koramil 06 banua lawas, dan masyarakat setempat yang mempunyai keterampilan dalam penggilingan padi.

Ke Atas