TABALONG HARI INI

Desa Kapar Maksimalkkan Alokasi 30 % Dana Desa Untuk BLT


Tabalong – Pemerintah Desa Kapar Kecamatan Murung Pudak telah rampung menyalurkan bantuan langsung tunai dana desa tahap pertama pada wraganya pada 20 mei 2020. Total sebanyak 144 kepala keluarga di desa ini terdaftar sebagai penerima blt dana desa.

Karena jumlah KPM banyak, pemerintah desa memutuskan untuk membagi jadwal penyaluran bantuan dalam 3 sesi, untuk menghindari perkumpulan orang banyak. Hal ini dilakukan untuk menghindari peyebaran virus ccorrona.

Pemerintah desa kapar, merasionaslisasikan sekitar 30 persen dari dana desa tahun 2020 untuk dialihkan sebagai blt bagi 144 kpm. Atau total sebesar 86 juta 400 ribu rupiah, yang diperuntukkan bagi blt.

Kepala Desa Kapar, markuni menjelaskan pihaknya telah melaksanakan musdesus sehingga yang terjaring adalah mereka yang tidak memiliki pekerjaan, putus kerja, serta janda yang tidak mampu mencukupi kehidupan sehari-hari.

Ada beberapa macam kreteria yang kami pilih terus untuk menyesuaikan desa kapar ini ada yang pengangguran, ada yang putus kerja, ada janda janda itu kami sesuai dengan musdes tadi ditentukan oleh beberapa, semua rt yang menentukan itu kemudian kita musyawarahkan dan inilah kesepakatan yang sesuai dengan anggaran yang ada di desa” Ucap Markuni.

Bantuan disambut antusias kpm. Pasalnya ditengah pandemi covid-19 ini, pendapatan mereka berkurang drastis.

Kdd ay aku bariananaktuh pang aku menurih kdd lagi dah limpat bulan puasa nah, rajin nurih ay subuh subuh, ulih ay mun mengaruni mun saurang sedikit ay dedua kilo”ucap Fatma

Penyaluran bantuan dijaga bhabinsa desa kapar. Warga diminta untuk mematuhi protokol kesehatan pencegahan covid. Selain itu selama menunggu giliran mpengambilan bantuan, warga berjemur di halaman lokasi pembagian, sebagai upaya meningkatkan daya tahan tubuh. (Gazali)

Ke Atas