TABALONG HARI INI

Warga KTP Tabalong Suhu Diatas Normal Langsung Dirapid Test Di Posko Perbatasan

Tabalong – Berdasarkan arahan Tim Gugus Tugas P2 Covid Nineteen Tabalong, posko penjagaan di perbatasan semakin diperketat. Salah satunya di posko yang ada di desa padang panjang kecamatan tanta. Pada 21 Mei 2020, terlihat posko penjagaan dipindahkan, dari semula di jembatan hauling Adaro, saat ini dipindah mendekati perbatasan dengan Desa Dahai Kabupaten Balangan. Pemindahan dilakukan untuk menghindari pengendara masuk ke wilayah Kabupaten Tabalong, melalui jalan-jalan kecil di Desa Padang Panjang.

Selain itu, saat ini poko juga dilengkapi dengan alat rapid test, dan alat pelindung diri bagi petugas. Pengendara yang terdeteksi memiliki suhu tubuh diatas 37 derajat akan langsung menjalani rapid test.

Pengendara yang wajib menjalani rapid test dilakukan di area dalam posko, pengendara cukup memasukkan telapak tangan melalui semacam bilik, untuk diambil sampel darah di ujung jarinya. Penggunaan bilik sebagai antisipasi terjadinya penularan droplet ketika proses pemeriksaan.

“Sesuai hasil video conference antara forkopimda dan forkopimca pada rapat koordinasi penanganan covid, bahwa seluruh posko perbatasan dilakukan pemeriksaan yang lebih ketat. Jadi khusus di posko padang panjang saat ini telah ditambah dengan personil dari tenaga kesehatan, yang mana akan petugas tenaga kesehatan tersebut akan melakukan rapid test terhadap masyarakat yang masuk dari luar tabalong, ber ktp tabalong, dengan suhu tubuh diatas normal.” Ujar Gusti Judid

Judid mengimbau masyarakat Tanta, agar selalu mematuhi protokol kesehatan selama lebaran, dan hindari keluar dari wilayah tabalong. Ia juga mengimbau kepada masyarakat tanta yang berada di perantauan, agar jangan mudik hingga pandemi covid nineteen benar-benar berakhir. (Alfi)

Ke Atas