TABALONG HARI INI

Pemdes Warukin Terbuka Soal Data Penerima BLT, Jika Ada Komplain Ini Yang Akan Dilakukan….

Tabalong – Pemerintah Desa Warukin Kecamatan Tanta, menjadi desa yang pertama di Tabalong menyalurkan bantuan langsung tunai yang bersumber dari dana desa. Penyaluran bantuan tahap pertama sebesar 600 ribu per bulan, dilakukan pada 14 Mei 2020, di Halaman Kantor Desa Warukin.

BLT yang bersumber dari dana desa warukin ini diserahkan bagi 47 orang warga desa warukin yang terdampak pandemi covid-19 dan belum mendapatkan bantuan. Sebelumnya pihak desa mencatat 47 orang penerima, namun karena 1 orang terdaftar sebagai penerima bansos tunai dari kemensos, maka yang bersangkutan dicoret dari daftar penerima BLT dana desa.

Kepala Desa Warukin, Dedy Unjang, menjelaskan perangkat desa telah bekerja selama kurang lebih dua bulan untuk melakukan pendataan dan musyawarah desa khusus, agar masyarakat yang menerima BLT desa tepat sasaran. Pihaknya juga membuka komplain dari masyarakat terkait penerima PLT desa.

Kalau ada komplen masyarakat dan itu masyarakat dapat membuktikan bahwa mereka itu tidak terdampak, maka hal tersebut kami akan rapatkan lagi untuk kami bisa mencoret orang tersebut, dengan catatan bahwa ini adalah aspirasi dari masyarakat kami tidak ingin kami mencoret itu adalah kepala desa yang mencoretnya tetapi hasil musyawarah”kata Dedy Unjang.

Salah satu warga Desa Warukin penerima BLT, Suwendi mengaku terbantu dengan bantuan tunai sebesar 600 ribu yang diterimanya. Pasalnya pandemi covid-19 dijelaskannya membuat penghasilannya menurun drastis.

Kalau pemerintah masih mampu harapan kita tetap terus, tergantung dari bagaimana pemerintah bertindak untuk meneruskan, kita sebagaibpenerima syukur sekali sebab dampaknya ini memang sangat terasa sekali dibidang keuangan maupun sosial.Kata Suwendi

Sebagai bentuk transparasi penyaluran, pemerintah desa setempat mencantumkan nama ke 46 penerim BLT dana desa. Nama penerima dipajang di depan kantor, agar semua warga dapat melihat dan menilai kelayakan penerima. (Gazali)

Ke Atas