TABALONG HARI INI

Panen Perdana Bawang Merah Bima Brebes Hasil Kaji Terap BPP Tanjung

Tabalong – Balai Penyuluhan Pertanian Tanjung menggelar kegiatan Farmers Field Days atau temu lapang petani bersama pihak terkait pada selasa 12 Mei 2020. Pada kegiatan ini dibahas Hasil Pengkajian BPP Tanjung tahun 2020, pada komoditas bawang merah bima brebes dan padi inpari 33.

Pengkajian bawang merah bima brebes dimulai dengan penanaman pada empat maret 2020, lalu dipanen tanggal lima mei 2020, dengan tingkat produktivitas mencapai 5,208 ton per hektar. Hasil pengkajian bawang merah tersebut, masih di bawah produktivitas nasional, yakni pada kisaran 10 sampai 13 ton per hektar.

Sedangkan penanaman padi inpari 33 dimulai tanggal 11 februari 2020, kemudian dipanen tanggal 11 mei 2020, dengan tingkat produktivitas mencapai 7,5 ton per hektar.hasil pengkajian padi inpari 33 ini justru melebihi target produktivitas nasional, yakni sebesar 5,2 ton per hektar.

“itu kita tadi melaksanakan panen pada hasil uji terap kita tadi, ada beberapa komoditi yang kita sudah panen diantaranya bawang merah, kemudian padi tadi di sawah kadar hujan yang ada di lahan BPP tanjung, sebagai alat percontohanya atau kaji terap di BPP.” kata Usman

Pengkajian yang dilakukan BPP Tanjung adalah kegiatan pengembangan dan penelitian, sebelum dilakukan uji coba lapang, atau kaji terap, dari suatu teknologi hasil pertanian. Hasil pengkajian ini akan menjadi data dan informasi kepada petani, dalam pengembangan usaha di wilayahnya. (Alfi)

Ke Atas