TABALONG HARI INI

Pemilihan Gubernur Kalsel 2020 Ditunda, KPU Siapkan 3 Alternatif Waktu

Tabalong – Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Selatan yang rencananya akan dilakukan pada bulan april 2020 resmi ditunda. Penundaan dilakukan sebagai upaya pencegahan penyebaran covid-19.

Hal ini dijelaskan Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik Tabalong bersama Komisi Pemilihan Umum Tabalong, melalui sosialisasi tahapan Pemilu Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Selatan 2020, kepada para kepala desa.

Ketua KPU Tabalong, Ardiyansyah mengatakan penundaan Pilgub Kalsel sesuai dengan hasil rapat kpu RI bersama dengan pemerintah, DPR, dan Bawaslu. Penundaan dilakukan hingga pandemi covid-19 mereda.

”Dalam rangka menjaga keselamtan masyarakat indonesia atau lebih mengutamakan kesehatan masyarakat indonesia sehingga tahapan pemilu ini ditundaa awalnya dengan batas waktu yang belum ditentukan kemudian sesuai intruksi dari KPU RI berdasarkan surat keputusan KPU RI no 178 kemudian lanjut suraat dinas no 8 tahun 2020 agar memerintahkan ke jajaran KPU kabupaten dan Provinsi untuk melakukan penundan tahapan.” kata Ardiyansyah.

Ardiyansyah juga menambahkan ada tiga tahapan yang ditunda yaitu tahapan pelatikan PPS, yang kedua pembentukan pemuktahiran data pemilih, dan yang ketiga pemutahiran dan penyusunan data pemilih.

KPU RI telah menetapkan waktu penundaan pelaksanaan tahapan KPU bersama pemerintah, DPR, dan Bawaslu. Terdapat tiga opsi penundaan tahapan pelaksana yaitu pada 9 Desember 2020, 17 Maret 2021, dan 29 September 2021.

Kepala Bidang Politik Badan Kesbangpol Tabalong, Rudi Noor Erwan mengatakan, sosialisasi penundaan harusnya dilakukan di semua kecamatan. Namun untuk sementara hanya dilakukan di wilayah Tengah Tabalong, karena keterbatasan anggaran dana. (Munawarah)

Ke Atas