TABALONG HARI INI

BPPRD Tabalong : 2 Pajak Daerah Yang Dibebaskan Miliki Potensi PAD Cukup Besar

Tabalong – Terhitung mulai 1 April 2020 sampai dengan 30 Juni 2020, Pemerintah Kabupaten Tabalong memberikan pembebasan untuk 2 jenis pajak daerah sebesar 100 persen, yaitu untuk pajak hotel dan pajak restoran. Hal tersebut tentunya berdampak bagi pendapatan asli daerah yang sudah ditetapkan. 

Kepala Badan Pengelola Pajak Dan Retribusi Daerah Tabalong, Erwan Mardani mengatakan, 2 jenis pajak yang dibebaskan termasuk penyumbang PAD yang besar. Menurut analisa dari BPPRD Tabalong, pemerintah daerah berpotensi kehilangan pajak sebesar 12 milyar rupiah. Namun Erwan mengharapkan nominal 12 milyar tersebut dapat dikejar apabila wabah covid 19 sudah berakhir.

“Untuk pajak restoran dan pajak hotel itu kalau kami kalkulasi secara global kurang lebih 12 milyar dan ini sudah kami diskusikan dan kami bicarakan dalam forum rapat koordinasi. Mudah-mudahan 12 milyar bisa kita kejar lagi pada kesempatan dan situasi lain yang kondisi nya tidak seperti ini” kata Erwan.

Erwan menambahkan, BPPRD juga sudah melakukan analisa mengenai potensi pajak daerah yang perlu dirasionalisasikan akibat pandemi covid-19. Dari semua potensi pajak daerah, BPPRD memperkirakan nominal rasionaliasi pajak sekitar 21 milyar. (Sherly)

Ke Atas