TABALONG HARI INI

4 Pasien Positif Covid-19 Stabil, Tiap Hari Berjemur Bersama Petugas

Tabalong – Empat orang terkonfirmasi positive covid-19, yang saat ini sedang menjalani isolasi di ex-RSUD Badaruddin Tanjung, dalam kondisi stabil, tidak berbeda dari orang sehat pada umumnya. Kondisi ini terus dipantau oleh tim gugus tugas garda depan selama satu kali 24 jam di ruang isolasi, yang dilengkapi berbagai fasilitas pendukung.

Selain dijaga ketat oleh petugas, empat orang terkonfirmasi positive ini juga diberikan edukasi, untuk meningkatkan kesadaran mereka terhadap konsep penularan wabah kepada orang disekitarnya. Tujuannya agar mereka tetap disiplin menjalani karantina selama 14 hari, sampai di lakukan tes swab kembali untuk memastikan pasien sembuh.

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Covid-19 Tabalong, Dokter Taufiqurrahman Hamdie, mengatakan, selain kegiatan edukasi pihaknya juga melakukan kegiatan senam sambil berjemur setiap jam 10 pagi, dipandu oleh petugas secara bergantian dari pihak kesehatan, TNI, Polri, dan pihak lainnya dengan menggunakan masker dari jarak aman terhadap penularan.

“Kita juga ada kegiatan edukasi ya terhadap mereka, bagaimana mereka bisa meningkatkan imunologis di dalam tubuhnya, salah satunya mereka jam 10 nanti berjemur, sekalian senam bersama dengan petugas nah ini kegiatan kegiatan ini kemudian mereka bisa melakukan ibadah sesuai keyakinanya, nah kemudian mereka harus memahami konsep ini bahwa mereka adalah sumber penularan untuk orang lain, dengan mereka bersabar disiplin untuk di isolasi sampai mereka nanti dinyatakan sembuh sehingga mereka bisa kembali kekeluarga atau lingkungannya semula.” Kata dr. Taufiq.

Konsep edukasi dari jarak aman ini juga sebagai contoh kepada pihak masyarakat, bahwa physical distancing sangat efektif dalam mencegah penularan. Juga sebagai bukti kepada pihak masyarakat bahwa virus ini tidak berterbangan di udara, dan hanya menular dengan cara kontak langsung melalui droplet orang yang terkonfirmasi positive. dokter Taufiqurrahman, ketika ke empat pasien positif ini sembuh, mereka dapat menjadi pelopor di masyarakat terkait pencegahan covid-19. (Rangga)

Ke Atas