TABALONG HARI INI

Tanpa Gejala Klinis, 2 Pasien Positif Baru Tabalong Diawasi Ketat Di Rumah Singgah

Tabalong – Gugus Tugas P3 Covid 19 Tabalong mengisolasi secara mandiri, 2 warga Tabalong yang terkonfirmasi positif covid 19 pada 16 maret 2020. Kedua warga tersebut didiolasi mandiri di rumah singgah UPT Loka Bina Karya Dinas Sosial Tabalong, di kelurahan Pembataan kecamatan Murung Pudak.

Isolasi mandiri tersebut sesuai petunjuk teknis dari kementrian kesehatan. Pasalnya kedua orang yang terkonfirmasi positive corona dari hasil tes swab dan PCR, tidak menunjukkan gejala klinis, dan dalam kondisi stabil.

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Covid-19 Tabalong, dokter Taufiqurrahman Hamdie, mengatakan, untuk mempermudah pengawasan terhadap orang terkonfirmasi positive tersebut,pihaknya mengambil kebijakan untuk mengisolasi secara mandiri di rumah singgah milik dinas sosial. Isolasi dilakukan sampai masa inkubasi selama 14 hari untuk dilakukan pengujian tes swab selanjutnya.

Nah tapi kami mengambil kebijakan tidak mungkin isolasi mandiri dilakukan di rumah masing masing, karena disitu ada anggota keluarga lain kita kan tidak menjamin dia nanti tidak akan tertular, oleh karena itu orangnya harus kita isolasi ketat di suatu tempat, nah kami ambillah rumah singgah ini,sehingga itu memudahkan pengawasannya karena disana dijaga ya,kemudian yang bersangkutan juga bisa kita beri konsumsi setiap hari, kemudian petugas juga gampang untuk mengobati memantau dan sebagainya. Sampai masa inkubasi 14 hari kemudian kita akan lakukan uji swab lagi.” Ujar dr. Taufiq.

Untuk menghindari penularan, tim gugus tugas memperketat penjagaan di rumah singgah. Pengawasan oleh petugas baik dari dinsa kesehatan, puskesmas setempat, serta dinas sosial yang dilakukan selama satu kali 24 jam secara bergantian dalam dua shift.

ada yang kadang kadang 2 orang, ada yang 3 ada kemungkinan bagi rumahnya yang di amuntai, dia harus nginep jaga disini. dari pada pulang jauhkan , 3 atau 2 biasanya” Ujar Budi.

Pengawasan juga turut dipantau polsek dan koramil kecamatan Murung Pudak. Isolasi di lokasi ini dilakukan sementara, hingga renovasi bangunan RSUD Haji Badaruddin Kasim di Tanjung rampung. Pasalnya bangunan tersebut akan dijasdikan pusat penanganan covid-19 Tabalong. (Rangga).

Ke Atas