TABALONG HARI INI

Rapat Kerja Dengan BPBD Tabalong, Komisi 3 DPRD Soroti Ini…

Tabalong – Komisi Tiga DPRD kabupaten Tabalong menggelar rapat kerja dengan BPBD Tabalong, pada Kamis 16 april 2020, di ruang rapat komisi tiga. Rapat kerja ini mengenai evaluasi kinerja BPBD tahun 2019, dan rencana kerja BPBD di tahun 2020.

Dalam rapat disampaikan bahwa pelaksanaan kinerja BPBD Tabalong mencapai 89.07% di tahun 2019. BPBD Tabalong mengalami kendala di beberapa kegiatan, salah satunya yang paling disorot adalah sosialisasi penanggulangan bencana di tingkat kecamatan, karena kegiatan tersebut tidak terlaksana pada tahun 2019.

“Nah beberapa kendala yang kami alami itu ada beberapa kegiatan, diantaranya kegiatan sosialisasi di tingkat kecamatan untuk penanggulangan karhutla itu 0%. Kami tidak bisa melaksanakan itu di tahun yang lalu, karena beberapa kegiatan bencana yang kami laksanakan itu hampir waktu untuk pelaksanaan tidak bisa kami lakukan sehingga itu 0%, jadi kami sedikit kewalahan juga. Dan oleh anggota dewan itu sangat disayangkan itu tidak dilaksanakan seyogyanya kegiatan itu memberikan komunikasi, informasi, dan edukasi kepada masyarakat tentang rawan bencana, sekaligus juga tentang penanggulangan bencana di lapangan.” Ujar Abdul Azis.

BPBD Tabalong mendapat pagu anggaran rencana kerja BPBD Tabalong di tahun 2020. Ketua komisi tiga DPRD, Supoyo, bergharap agar dana tersebut dapat digunakan semaksimal mungkin, termasuk kegiatan sosialisasi penanggulangan bencana.

“Renja tahun 2020, pagunya tadi di BPBD sekitar 6,2 jadi kurang lebih dengan di tahun 2019. Namun disitu untuk dana sosialiasi pada tahun 2020 masih dianggarkan, padahal di tahun 2019 ia tidak bisa menjalankan. Untuk itu kami bersama rekan-rekan komisi III khususnya tadi dari pak Sunardi menyarankan, meanjurkan agar dana sosialiasi yang sekitar 300 juta yang dianggarkan pada tahun 2020 itu bisa direalisasikan di lapangan.” Ujar Supoyo.

Supoyo juga berharap, agar BPBD Tabalong dapat melakukan pembenahan untuk kedepannya. Terutama dari segi administrasi, dan realisasi di lapangan. (Alfi)

Ke Atas