TABALONG HARI INI

Komisi 3 DPRD Tabalong Minta UPBS Lebih Diperihatikan, Begini Tanggapan BPBD..

Tabalong – Komisi Tiga DPRD Tabalong meminta badan penanggulangan becana daerah Tabalong lebih memperhatikan unit penanggulangan bencana swadaya, atau UPBD, yang tersebar disetiap kecamatan dan desa di Tabalong. Hal ini disampaikan komisi tiga saat rapat evaluasi kinerja BPBD Tabalong, pada 16 April 2020.

UPBS dinilai memiliki peran penting dalam penanggulangan bencana di wilayah Tabalong. Anggota Komisi Tiga DPRD, Akhmad Helmi, menilai UPBS berperan penting sebagai ujung tombak penanggulangan bencana, karena lebih dulu turun ke lapangan jika terjadi bencana di wilayah mereka.

“Yang mengerjakan itu kan di lapangan ujung tombaknya UPBS-UPBS ini sebelum BPBD turun ke lapangan, UPBS-UPBS sudah berjibaku di arena bencana alam. Jadi yang kita soroti itu data UPBS, sarana dan prasarana yang dimiliki oleh UPBS yang ada di Tabalong. Selanjutnya dana operasional mereka dalam 1 tahun, operasional UPBS-UPBS itu dalam 1 tahun juga berapa, yang terealisasi berapa, begitu juga untuk rencana kerja di 2020.” Kata Akhmad Helmi.

Menanggapi hal tersebut, pihak BPBD menyampaikan bahwa dari total 48 UPBS di Tabalong, sebanyak 23 UPBS telah terfasilitasi. Tahun 2020, BPBD berencana menambah tiga UPBS, sehingga sebanyak 26 UPBS yang dapat difasilitasi BPBD Tabalong.

“Harapan kami dengan anggota dewan, tadi juga karena banyak harapan oleh anggota dewan. Mereka berharap agar bantuan-bantuan kepada daerah rawan bencana, seperti pengadaan perahu karet, kemudian pelampung, dan juga tali pengaman pada saat banjir, itu kalo bisa diadakan di tiap kecamatan. Nah harapan kami itu akan kami wujudkan sekaligus juga kami tadi memohon dukungan kepada anggota dewan agar bisa dapat menerbitkan atau mengizinkan atau menambah anggaranlah paling tidak pagu anggaran untuk BPBD.” Ujar Abdul Azis

Ketua Komisi Tiga DPRD, Supoyo, meminta agar permasalahan UPBS ini menjadi prioritas, dengan memaksimalkan anggaran yang tersedia di tahun 2020. (Alfi)

Ke Atas