TABALONG HARI INI

Komisi 3 DPRDTabalong Tinjau Lokasi Kawasan Industri Seradang

Tabalong – Komisi 3 DPRD Tabalong bersama Dinas PUPR, Dinas Lingkungan Hidup, serta Pemerintah Kecamatan Haruai dan Kecamatan Upau, melakukan tinjauan lapangan ke kawasan yang masuk dalam raperda rencana detail tata ruang kawasan industri saradang, pada rabu, 15 april 2020. Dalam tinjauan tersebut, pihak komisi tiga ingin memastikan kawasan siap untuk mendukung raperda.

Luas kawasan yang diplot pemerintah pusat untuk kawasan industri desa saradang sekitar 3 ribu hektar. 1.017 hektar masuk ke dalam kawasan inti RDTR, dan sisanya akan menjadi kawasan penyangga. Untuk lokasi kawasan inti berada di wilayah Desa Saradang Kecamatan Haruai, sedangkan kawasan penyangga berada di wilayah Kaong dan Pangelak kecamatan Upau.

Ketua Komisi 3 DPRD Tabalong, Supoyo menjelaskan di kawasan inti, terdapat salah satu perusahaan tambang yang sudah beroperasi. Pihak Komisi Tiga DPRD Tabalong akan membahas kembali terkait solusi keberadaan tambang tersebut. Pasalnya tambang beroperasi sebelum perda diterbitkan.

Masih kami bicaran dulu nanti sama rekan-rekan komisi 3 dan instansi terkait solusi nya seperti apa yang lebih baik. Sedangkan setelah kunjungan dari sini kami sepakat bahwa ini rapat finishing untuk rdtr kawasan industri saradang, dan tanggal 16 ini bahan yang ada ini kita bawa ke provinsi habis itu ke pusat dan pada bulan mei akan di perdakan. Cuma di dalam kawasan inti ini ada perusahaan yang sudah beroperasi” ujar Supoyo.

Meski terdapat salah satu perusahaan tambang beroperasi di kawasan inti RDTR indutsri sebelum perda terbut, Supoyo berharap hal tersebut bisa diatasi agar tidak menjadi masalah di waktu mendatang. Karena perda RDTR akan berlaku untuk 20 tahun mendatang. (Sherly)

Ke Atas