TABALONG HARI INI

Resmi! Pendaftaran Kartu Prakerja Telah Dibuka

Tabalong – Kartu prakerja adalah salah satu program yang difasilitasi oleh pemerintah, bagi seluruh rakyat indonesia. Tak terkecuali bagi masyarakat kabupaten tabalong, yang ingin bekerja, mengikuti pelatihan, dan mengasah skill yang dimiliki. Sejak 11 april 2020, pendaftaran kartu pra kerja resmi dibuka.

Menindaklanjuti hal tersebut Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Tabalong, menghimbau kepada masyarakat Tabalong yang ingin mendaftar kartu prakerja dapat mengakses laman website resmi Kementerian Tenaga Kerja, di https:.prakerja.kemnaker.go.id,. Dalam perpres nomor 36 tahun 2020 dijelaskan para penerima kartu pra kerja, berhak mendapatkan bantuan biaya dengan besaran yang telah ditentukan, untuk mengikuti pelatihan yang dipilih oleh peserta.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Tabalong, Syaiful Ikhwan mengatakan, Dinasker Tabalong juga menyediakan layanan bimbingan bagi masyarakat yang ingin mendaftar kartu pra kerja. Dalam hal ini Dinas Tenaga Kerja menyediakan layanan internet dan akan membimbing masyarakat yang ingin mendaftar.

“Pendaftaran sudah dibuka, kita di daerah diminta untuk mereka yang berkeinginan, misalnya diminta membantu dibimbing, asistensi seperti itu kan cara mendaftarnya, cara masuknya, apa saja yang perlu disiapkan. Kawan-kawan di sini bisa membantu mereka yang mau mendaftar kartu pra kerja” kata Syaiful.

Peserta kartu pra kerja akan mendapat insentif bantuan pelatihan, dengan total Rp3.550.000, dengan rincian biaya bantuan pelatihan 1 juta rupiah, insentif penuntasan pelatihan 600.000 rupiah per bulan selama 4 bulan, dan survei keberkerjaan 150.000 rupiah. Dana insentif ini akan disalurkan melalui transfer secara bertahap dari 3 hingga 4 bulan, ke dompet digital e-wallet peserta program kartu pra kerja.

Dengan adanya kartu prakerja ini, diharap dapat mengembangkan potensi para pencari kerja, mengembangan produktivitas, dan daya saing. Sebelumya pemerintah sudah menganggarkan 10 miliar rupiah, untuk kartu prakerja, namun mewabahnya covid-19 di Indonesia, pemerintah menaikan anggaran hingga 100%, yakni menjadi 20 miliar rupiah. Dari penerima kartu pra kerja 2 juta orang kini bertambah dengan 5,6 juta orang. (Maimun)

Ke Atas