TABALONG HARI INI

Pasien Dengan Status OTG & ODP Wajib Simak Cara Isolasi Mandiri Di Rumah Berikut Ini……

Tabalong – Baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah, sepakat mengimbau masyarakat untuk mengurangi aktivitas di luar rumah. Hal ini dilakukan untuk memutus rantai penyebaran covid-19. Pasalnya mengisolasi diri merupakan cara paling efektif dalam menekan penyebaran penyakit yang disebabkan virus corona tersebut.

Dalam mengisolasi atau karantina diri ada aturannya, teruatama bagi yang menyandang status orang dalam pemantauan covid-19. Ketika dalam satu rumah terdapat orang lain, maka orang yang diwajibkan mengisolasi diri harus menjaga jarak dengan anggota keluarga lainnya yang ada di rumah.

Selain itu juga alat makan dan alat mandi harus terpisah, khususnya bagi mereka yang menyandang status ODP. Seperti piring, gelas, sendok, handuk, sikat gigi, gayung, dan sprei, harus terpisah dengan anggota keluarga lainnya.

“Menjaga jarak dengan anggota keluarga lain, tidak sama-sama menggunakan alat mkan maupun alat mandi. Jadi harus khusus untuk diri sendiri, kemudian yang lainnya adalah melakukan hal-hal yang meningkatkan daya tahan tubuh, misalnya berjemur pada pukul 10:00 wita, kemudian memakan makanan yang bergizi, ada buah dan sayur, istirahat yang teratur tidur 7 hingga 8 jam, dan melakukan aktifitas fisik ringan selama 30 menit. Hal itu yang dapat dilakukan selama isolasi diri.” Kat dr. Taufiq.

Sesuai dengan pedoman hidup sehat, masyarakat yang mengisolasikan diri di rumah, dapat melakukan hal produktif yang bermanfaat bagi kesehatan. Seperti makan buah dan sayur, berjemur pukul 10:00 pagi, tidak keluar rumah, tidur yang cukup 7 hingga 8 jam sehari, kemudian melakukan olahraga fisik ringan di rumah sekitar 30 menit.

Selain ODP yang mengisolasikan diri di rumah, masyarakat pun juga di minta untuk mengisolasi diri, dan selalu menggunakan masker, pasalnya penularan covid-19 bisa terjadi saat berinteraksi di luar dan kerumunan orang banyak. (Maimun)

Ke Atas