TABALONG HARI INI

COVID-19, Penyaluran PKH Dipercepat

Tabalong – Pemerintah Kabupaten Tabalong melalui Dinas Sosial memutuskan menyerahkan bantuan Program Keluarga Harapan atau PKH dan bantuan sembako lebih cepat. Bantuan yang awalnya diserahkan per tiga bulan menjadi satu bulan sekali, dimulai sejak April, Mei, dan Juni 2020.

Kebijakan ini sesuai dengan instruksi menteri sosial republik indonesia, untuk membantu masyarakat di tengah pandemi virus corona. Selain percepatan penyaluran, pemerintah juga menambah sasaran PKH dan bantuan sosial yang awalnya 9,2 juta KPM, menjadi 10 juta KPM. Seluruh kabupaten di Indoenasia dapat mengusulkan KPM baru.

Selain dua kebijakan tersebut, pemerintah juga memutuskan untuk menaikkan jumlah bantaun PKH sebanyak 2 kali lipat, selama April, Mei, dan Juni. Sehingga dalam setahun, setiap KPM dihitung mendapat bantuan sebanyak 15 bulan.

”Jadi disamping percepatan tadi ada penambahan jumlah bantuan jumlah bulanya kalau dulu 12 bulan menjadi 15 bulan nah limas bulan ini akan dibayarkan di bulan april diakan mendapatkan dua bulan kemudian mei juni nah perhtungnanya juga beda nanti saya jelaskan ini kebijakan baru yang terkait dengan iniilustrasi penyaluran perbulan tadi jadi mulai april mei juni dia akan mendpatkan dua kali bansos jadi perhitunganya seperti ini misalnya ibu hamil sebelumnya dalam indek itu pertahunnya 3 juta dan indeks penambahanya itu 250ribu.” Kata Yuhani.

Yuhani memperkirakan dana bantuan akan masuk dalam beberapa hari kedepan. Keluarga PKH ini mereka juga akan mendapatkan program sembako dalam waktu dekat ini. (Munawarah)

Ke Atas