TABALONG HARI INI

14 Hari Dibuka, Warga Semakin Kooperatif Diperiksa di Posko Cegah Covid-19 Padang Panjang

Tabalong – Pemerintah Kabupaten Tabalong telah mendirikan posko cegah covid-19, di empat titik perbatasan wilayah Tabalong. Posko didirikan sejak 2 pekan lalu, dengan melakukan pemeriksaan suhu tubuh semua orang yang memasuki wilayah Tabalong.

Selama 2 minggu berjalan, petugas di posko cegah covid-19 Desa Padang Panjang Kecamatan Tanta mengakui, kesadaran masyarakat terkait waspada covid-19 di kabupaten Tabalong sudah cukup baik. Camat Tanta Gusti Judid menjelaskan, warga yang terdeteksi memiliki suhu tubuh duiatas 38 derajar, hingga saat ini kooperatif memeriksakan diri ke petugas kesehatan.

“Alhamdulillah sampai sejauh ini hari ke 14 seluruh warga yang di screening yang suhunya diatas 38 derajat celcius sangat kooperatif karna kami lihat warga sudah memahami covid ini sendiri bukan merupakan sebuah aib jadi mereka memiliki kesadaran yang tinggi untuk memeriksakan diri ke puskesmas kalo memang ada gejala gejala sejenis covid19.” kata Judid.

Satgas posko cegah covid-19 di Desa Padang Panjang ini dikerjasamakan dengan berbagai pihak, seperti  Koramil Tanta, Polsek Tanta, ASN kecamatan Tanta, aparatur desa se kecamanan tanta dan Dishub Tabalong. Namun temuan orang dengan gejala klinis, akan menjaid tanggungjawab petugas kesehatan dipuskesmas.

“Untuk pelaporan tetap satu pintu melalui puskesmas tapi untuk giat dilapangan kami melibatkan dari kepolisian polsek, koramil, kecamatan, dishub, dibantu kecamatan dan tenaga kesehatan” kata Siregar.

Sesuai arahan bupati tabalong, posko perbatasan dilaksanakan sampai tgl 20 April 2020. Namun jika kondisi pandemi covid19 di Indonesia, khususnya Kalsel masih rawan, maka posko akan diperpanjang. (Gazali)

Ke Atas