Ekonomi & Bisnis

Covid-19, BPS Minta Warga Tidak Belanja Berlebihan

Tabalong – Pandemi covid 19 melanda berbagai daerah, menyebabkan sejumlah reaksi negatif masyarakat. Tak sedikit masyarakat yang khawatir, dan melakukan panic buying, atau memborong barang kebutuhan secara berlebihan. Hal ini pun berpengauh besar pada jumlah ketersesediaan dan harga barang dipasaran.

Kepala Badan Pusat Statistik Tabalong Tri Agus Budi Prihanto mengimbau masyarkat Tabalong untuk tidak panic buying, meski di kabupaten ini terkonfirmasi 2 kasus positif covid-19. Pasalnya panic buying akan berpengaruh besar pada inflasi daerah. Tri agus mengatakan bahwa Tim Pengendali Inflasi Daerah terus berusaha memenuhi kebutuhan pokok masyarakat.

“Perlu di himbau kepada masyarakat sebenarnya tidak perlu panik karena dari TPID paling tidak berusaha untuk ketersediaan barang. Kemudian apabila terjadi panik buying dan berbondong-bondong berbelanja ya itu nanti istilah nya barang yang sudah ada akan lenyap karena diborong oleh masyarakat, jadi kita berharap tidak perlu panik karena Tim TPID Tabalog pasti akan berusaha memenuhi kebutuhan-kebutuhan yang diperlukan” kata Agus.

Pemerintah mengimbau masyarakat untuk menjadi pembeli yang bijak. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan masyarakat, seperti dengan cara membeli barang seperlunya, layaknya sebelum adanya pandemi covid-19. Tidak menyebarkan informasi yang menimbulkan kepanikan pembelian, serta untuk para pedagang agar menjual barang dengan harga wajar dan normal, karena menurut tri agus, kondisi seperti ini bukan saatnya untuk mengambil keuntungan setinggi-tingginya. (Sherly)

Media Center Tabalong merupakan media daring yang menjadi jembatan penghubung informasi dan komunikasi antara pemerintah dengan masyarakat, pemerintah dengan perangkat kerjanya dan informasi antar masyarakat.

Statistik Kunjungan

321954
Users Today : 167
Users Yesterday : 561
This Month : 9311
Total Users : 321954
Views Today : 399
Total views : 2110669
Who's Online : 14

Copyright © 2020 Media Center Tabalong | Designed by HS

Ke Atas
https://mc.tabalongkab.go.id/