TABALONG HARI INI

Cegah Penyebaran Covid-19, Komplek Pondok Karet Batasi Keluar Masuk Warga

Tabalong – Tidak hanya dari jajaran pemerintah, kalangan masyarakat di wilayah kabupaten Tabalong juga turut melakukan upaya untuk mengantisipasi penyebaran covid nineteen. Seperti yang dilakukan warga di komplek perumahan RT enam Pondok Karet, Kecamatan Tanta, warga melakukan pembatasan akses keluar masuk komplek mereka secara mandiri.

Pembatasan dilakukan dengan cara memperketat pendataan keluar masuk orang di komplek ini. Petugas mendata setiap warga yang keluar masuk komplek, selama satu kali 24 jam. Perlakuan ini tidak hanya berlaku bagi warga komplek, tetapi juga bagi tamu warga yang berkunjung. Pendataan dilakukan dengan menanyakan riwayat asal tamu serta alasan prioritasnya berkunjung ke daerah komplek.

Sebelum dilakukan pembatasan ini, warga komplek juga sudah melakukan penyemprotan disinfektan, serta bergotong royong membersihkan lingkungan dua kali seminggu. Dana kegiatan bersumber dari iuran bulanan komplek serta insentif dari pemerintah desa setempat.

Ketua RT Sugeng Setiawan, mengatakan, inisiatif ini berawal dari usulan para warga yang berantusias secara mandiri, melakukan upaya lanjutan terhadap pencegahan penularan covid-19, di lingkungan komplek mereka.

“kita inisiatif sendiri, masalahnya ada beberapa warga yang menyampaikan ingin ada penyemprotan setelah itu ada istilahnya dari desa mengetahui seperti di lanjut, di lanjut dalam arti kita tidak ada tekanan dari siapapun yang jelas dari inisiatif warga sendiri, supaya menjaga kampung sendiri, supaya tidak ada istilahnya masuk covid 19 di lingkungan kita.“ ujar Sugeng

Salah satu warga komplek pondok karet, wawan, menilai pembatasan keluar masuk warga ini membuatnya tak lagi khawatir. Pasalnya warga maupun pengunjung yang masuk ke area komplek telah terdata dan diketahui riwayatnya. (Rangga)

Ke Atas